PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV A SD NEGERI 166 TANGRU KABUPATEN ENREKANG

Wilda (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV A SD NEGERI 166 TANGRU KABUPATEN ENREKANG.

[img] Text
Artikel Journal Wildaa.pdf

Download (323kB)

Abstract

Wilda, 2024. Penerapan Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe Time Token Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPAS Siswa Kelas IV A SD Negeri 166 Tangru Kabupaten Enrekang. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh : Hardianto Rahman dan Hartoto). Penelitian ini dilatar belakangi oleh upaya meningkatkan motivasi belajar IPAS siswa melalui penggunaan model pembelajaran yang menyenangkan, bervariasi, dan inovatif. Dengan penggunaan model pembelajaran yang dinamis dan kreatif, di harapkan dapat membangkitkan semangat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe time token untuk meningkatkan motivasi belajar IPAS siswa kelas IV A SD Negeri 166 Tangru Kabupaten Enrekang. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan desain penelitian menggunakan model Arikunto. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token dan motivasi belajar pada mata pelajaran IPAS. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV A SD Negeri 166 Tangru Kabupaten Enrekang sebanyak 19 siswa yang terdiri dari 14 perempuan dan 5 laki-laki. Dalam penelitian ini, peneliti bertindak sebagai guru dan guru sebagai observer. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menujukkan bahwa peningkatan motivasi belajar IPAS siswa siklus I berada pada kategori kurang (K) dengan presentase 52,63%. Sedangkan pada siklus II pencapaian peningkatan motivasi belajar berada pada ketegori sangat baik (A) dengan presentase 89,47%. Berdasarkan lembar angket motivasi belajar siklus I berada pada kategori K dengan nilai rata-rata 47,89% dan meningkat pada siklus II dengan kategori A dengan nilai rata-rata 80,43%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran kooperatif tipe time token dapat meningkatkan motivasi belajar IPAS siswa kelas IV A SD Negeri 166 Tangru Kabupaten Enrekang. Kata Kunci : Time Token, Motivasi Belajar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 Oct 2024 01:42
Last Modified: 25 Oct 2024 01:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36231

Actions (login required)

View Item View Item