PENGARUH SUMBER BELAJAR DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PENDIDIKAN KESETARAAN DI PKBM PEDULI ANAK BANGSA DI KABUPATEN GOWA

Nurhalima (2024) PENGARUH SUMBER BELAJAR DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PENDIDIKAN KESETARAAN DI PKBM PEDULI ANAK BANGSA DI KABUPATEN GOWA.

[img] Text
Jurnal_Nurhalima.pdf

Download (213kB)

Abstract

Nurhalima, 2024. Pengaruh Sumber Belajar Digital Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di PKBM Peduli Anak Bangsa, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makasaar ( dibimbing oleh Latang dan Fatmawati Gaffar ). Penelitian ini adalah penenlitian kauntitaif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh sumber belajar digital terhadapa hasil belajar bahasa indoneai pendidikan kesetaraan paket C di PKBM peduli anak bangsa Kabupaten Gowa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah sumber belajar digital sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar Bahasa Indonesia. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 47 peserta didik. Pengumpulan data yang dilakukan dengan metode kuisioner/angket dan dokumentasi. Tehnik yang dilakukan dalam analisis data adalah deksriptif frekuensi, normalitas data dan regresi linear. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:1) sumber belajar digital di PKBM peduli anak bangsa berada pada kategori sangat baik dengan nilai 91%. 2) hasil belajar Bahasa Indonesia pada kategori baik. 3) terdapat pengaruh sumber belajar digital terhadap hasil belajar bahasa indonesai pendidikan kesetaraan paket C di PKBM peduli anak bangsa Kabupaten Gowa. Kata Kunci: sumber belajar digital, hasil belajar Bahasa Indonesia.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 Oct 2024 01:27
Last Modified: 25 Oct 2024 01:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36226

Actions (login required)

View Item View Item