PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRABBLE TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK KEMALA BHAYANGKARI 07 CABANG GOWA

Suci Hermawati (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRABBLE TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK KEMALA BHAYANGKARI 07 CABANG GOWA.

[img] Text
Artikel_Suci Hermawati.pdf

Download (556kB)

Abstract

Suci Hermawati, 2024. Skripsi, Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Scrabble Terhadap Kemampuan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Kemala Bhayangkari 07 Cabang Gowa. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing oleh Azizah Amal dan Sitti Nurhidayah Ilyas). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Scrabble Terhadap Kemampuan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Kemala Bhayangkari 07 Cabang Gowa sebelum dan setelah diberi perlakuan dan untuk mengetahui ada atau tidak ada pengaruh penggunaan media pembelajaran scrabble terhadap kemampuan literasi anak usia 5-6 tahun di TK Kemala Bhayangkari 07 Cabang Gowa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media pembelajaran scrabble serta variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan literasi. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 82 orang yaitu seluruh anak didik di kelompok B. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 orang anak, 30 oorang anak kelompok kontrol dan 30 orang anak kelompok eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan dan analisis statistik parametrik. Hasil analisis data yang diperoleh peningkatan rata-rata pada kelompok eksperimen sebesar 15,13, sedangkan pada kelompok kontrol 10,87. Hasil pengujian yang dilakukan diperoleh nilai signifikan 0.001<0,05 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima atrinya kemampuan literasi anak pada kelompok eksperimen lebih baik dari pada kelompok kontrol, ini membuktikan media pembelajaran scrabble memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan literasi anak usi 5-6 tahun di TK Kemala Bhayangkari 07 Cabang Gowa. Kata Kunci : Media Pembelajaran Scrabble, Kemampuan Literasi.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 Oct 2024 01:19
Last Modified: 25 Oct 2024 01:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36222

Actions (login required)

View Item View Item