Nurwatil Jannah (2024) PENERAPAN PEMBELAJARAN IPAS BERBASIS ASESMEN DIAGNOSTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SD NEGERI 97 BALIARA.
Full text not available from this repository.Abstract
Nurwatil Jannah, 2024. Implementasi Asesmen Diagnostik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas V Di SD Negeri 97 Baliara, Skripsi. Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (Dibimbing oleh Dr.Andi Makkasau,M.Si dan Nur Abidah Idrus,S.Pd., M.Pd). Penelitian ini berlatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di lingkup SD yakni rendahnya hasil belajar siswa terlihat pada mata pelajaran IPAS Kelas V di SD Negeri 97 Baliara. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan asesmen diagnostik untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 97 Baliara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ilmu adalah kualitatif dengan jenis penelitian tindak kelas (PTK). Subjek penelitian adalah guru kelas V dan siswa kelas V SD Negeri 97 Baliara dengan jumlah siswa 10 Orang terdiri dari 6 laki-laki dan 4 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya proses secara sistematis yang dinilai efektif dalam memberikan perubahan terhadap peningkatan hasil pembelajaran dikelas V, seperi keaktifan siswa tampak dengan berdiskusi dan berbagi pengetahuan. Hal ini dibuktikan dengan masing-masing memiliki tanggung jawab atas penguasaan bagian materi belajar dan mampu mengajarkan materi tersebut kepada temannya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui penerapan asesmen ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V SD Negeri 97 Baliara. Kata kunci : Penerapan asesmen diagnostik, Hasil Belajar, IPAS.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 17 Oct 2024 01:51 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 01:51 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36205 |
Actions (login required)
View Item |