PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II UPT SPF SD INPRES LAE-LAE I KOTA MAKASSAR

Miranti (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II UPT SPF SD INPRES LAE-LAE I KOTA MAKASSAR.

[img] Text
JOURNAL_MIRANTI.pdf

Download (343kB)

Abstract

Miranti, 2024. Pengaruh Penggunaan Media Flash Card Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas II UPT SPF SD Inpres Lae-Lae I Kota Makassar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Sayidiman dan Hardianto Rahman). Penelitian ini dilakukan atas dasar permasalahan yang ditemukan di UPT SPF SD Inpres Lae-Lae I Kota Makassar yaitu rendahnya keterampilan membaca permulaan siswa. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui gambaran penggunaan media fash card di kelas II UPT SPF SD Inpres Lae-Lae I Kota Makassar, (2) Untuk mengetahui gambaran keterampilan membaca permulaan siswa kelas II UPT SPF SD Inpres Lae Lae I Kota Makassar, (3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media flash card terhadap keterampilan membaca permulaan siswa kelas II UPT SPF SD Inpres Lae-Lae I Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bentuk quasi eksperimental design. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Variabel bebas penelitian ini yaitu Media Flash Card dan variabel terikatnya yaitu keterampilan membaca permulaan. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen (IIA) dan kelas kontrol (IIB), teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data antara lain lembar observasi, dan tes. Prosedur pengumpulan data yaitu pretest, pemberian perlakuan, dan posttest kemudian dianalisis secara statistic deskriptif dan statistik inferensial dengan bantuan program IMB SPSS statistics version 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kegiatan pembelajaran dengan menggunakan Media Flash Card berjalan dengan baik. (2) keterampilan membaca permulaan siswa pada pembelajaran setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan Media Flash Card menunjukkan adanya perbedaan. Hal ini dibuktikan dengan hasil pretest dan posttest keterampilan membaca permulaan siswa dari kategori kurang menjadi baik. (3) terdapat pengaruh penggunaan media flash card terhadap keterampilan membaca permulaan siswa kelas II UPT SPF SD Inpres Lae-Lae I Kota Makassar. Kata kunci: Media Flash Card, keterampilan membaca permulaan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Oct 2024 01:41
Last Modified: 17 Oct 2024 01:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36204

Actions (login required)

View Item View Item