PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS) SISWA KELAS IV UPT SPF SD INPRES TELLO BARU 1.1 KEC.PANAKKUKANG, KOTA MAKASSAR

Sucianti (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS) SISWA KELAS IV UPT SPF SD INPRES TELLO BARU 1.1 KEC.PANAKKUKANG, KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Template Jiptek.pdf

Download (630kB)

Abstract

Sucianti, 2024. Pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan alam dan sosial (IPAS) siswa kelas IV Upt Spf Sd Inpres Tello Baru 1.1 Kec.Panakkukang, Kota Makassar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Hikmawati Usman dan Andi Dewi Riang Tati). Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian eksperimen. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui gambaran penggunaan model problem based learning (PBL) siswa kelas IV SD Inpres Tello Baru 1.1 Kec.Panakkukang,Kota Makassar, (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas IV dalam penggunaan model problem based learning SD Inpres Tello Baru 1.1 Kec.Panakkukang ,Kota Makassar, dan (3) Untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) kelas IV SD Inpres Tello Baru 1.1 Kec.Panakkukang,Kota Makassar. Desain penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini seluruh siswa kelas IV SD Inpres Tello Baru 1.1 Kec.Panakkukang, Kota Makassar dengan jumlah siswa 38 orang, kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan IVB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi pelaksanaan pembelajaran, pretest posttest dan dokumentasi yang kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di kelas IV SD Inpres Tello Baru 1.1 Kota Makassar dikategorikan sangat baik, (2) Gambaran hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres Tello Baru 1.1 Kota Makassar ,setelah menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) mencapai kategori sangat baik, (3) Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pembelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial (IPAS) kelas IV SD Inpres Tello Baru 1.1 Kec.Panakkukang,Kota Makassar. Kata Kunci : model problem based learning (pbl), hasil belajar ilmu pengetahuan alam dan sosial (ipas).

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Oct 2024 01:09
Last Modified: 17 Oct 2024 01:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36201

Actions (login required)

View Item View Item