Syifa Azzahra (2024) PERAN GURU WALI KELAS V DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI UPT SPF SD NEGERI GUNUNG SARI II KOTA MAKASSAR.
Full text not available from this repository.Abstract
Syifa Azzahra, 2024. Peran guru wali kelas V dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di UPT SPF SD Negeri Gunung Sari Kota Makassar. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Andi Dewi Riang Tati dan Nurhaedah) Penelitian ini menganalisis tentang Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, mengetahui gambaran motivasi belajar siswa dan tantangan yang dihadapi oleh guru wali kelas V dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di UPT SPF SD Negeri Gunung Sari II Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu guru, siswa dan dokumen/arsip sekolah. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru memiliki sejumlah peran strategis dalam pembelajaran. Upaya yang dilakukan guru diantaranya berperan sebagai pengajar, teladan, sumber belajar dan fasilitator, serta pembimbing dengan cara memberikan apersespsi sebelum memulai pembelajaran, memberikan motivasi secara lisan maupun tindakan(ice breaking), menerapkan metode dan model pembelajaran yang bervariasi, menggunakan media video pembelajaran, dan mengajarkan kecakapan hidup akademik, sosial, dan spiritual kepada siswa. Secara khusus sebagai motivator yang berperan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, guru wali kelas V telah berhasil melakukan peranya dengan sangat baik. Gambaran motivasi belajar siswa dalam pembelajaran mata pelajaran IPAS dapat dilihat dari hasil angket motivasi belajar siswa yang menunjukkan bahwa dalam pembelajaran mata pelajaran IPAS siswa kelas V memiliki tingkat motivasi belajar pada kategori sangat tinggi. Adapun tantangan yang dihadapi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu kurangnya sarana dan prasarana yang di butuhkan seperti proyektor dan buku paket di UPT SPF SD Negeri Gunung Sari II Kota Makassar. Kata Kunci: Peran Guru, Motivasi Belajar Siswa
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 17 Oct 2024 01:06 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 01:06 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36200 |
Actions (login required)
View Item |