Efektivitas Manajemen Peserta Didik di Pondok Pesantren Tahfizh Al Qur’an Imam Asy Syaathiby Wahdah Islamiyah Tingkat ‘Ulya Bottobaddo Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa.

MUHAMMAD, AKBAR (2016) Efektivitas Manajemen Peserta Didik di Pondok Pesantren Tahfizh Al Qur’an Imam Asy Syaathiby Wahdah Islamiyah Tingkat ‘Ulya Bottobaddo Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
1 BAB I.docx

Download (33kB)
[img] Text
5 BAB V.docx

Download (21kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan dan faktor pendukung dan penghambat manajemen peserta didik di Pondok Pesantren Tahfizh Al Qur’an Imam Asy Syaathiby Wahdah Islamiyah Tingkat ‘Ulya Bottobaddo Kecamatan Somba opu Kabupaten Gowa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data (data reduction), penyajian data (display data), dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing/verification). Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini adalah uji credibility (derajat kepercayaan) dengan cara perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pondok pesantren Tahfizh al Qur’an Wahdah Islamiyah tingkat ‘Ulya melakukan perencanaan dan penetapan jumlah peserta didik atau santri yang akan diterima serta melakukan penentuan program kegiatan bagi peserta didik atau santri. Pondok pesantren Tahfizh al Qur’an Wahdah Islamiyah tingkat ‘Ulya melakukan perekrutan atau penerimaan peserta didik, seleksi peserta didik, orientasi, penempatan peserta didik atau pembagian kelas, pencatatan dan pelaporan, serta pembinaan dan pengembangan peserta didik. Pondok pesantren Tahfizh al Qur’an Wahdah Islamiyah tingkat ‘Ulya melakukan evaluasi peserta didik dan mengelola hubungan dengan para alumninya. Faktor pendukung penyelenggaraan manajemen peserta didik di pondok pesantren Tahfizh al Qur’an Imam Asy Syaathiby Wahdah Islamiyah tingkat ‘Ulya adalah besarnya minat masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di pondok pesantren, tenaga pengajarnya merupakan alumni universitas ternama dan favorit baik di dalam maupun luar negeri, promosi kegiatan dan program pondok pesatren yang berjalan dengan baik, besarnya sokongan dana dari para donatur (muhsinin), afiliasi dengan ormas Wahdah Islamiyah yang memiliki citra positif sebagai ormas yang memiliki pesantren dan sekolah yang cukup berkualitas. Faktor penghambat penyelenggaraan manajemen peserta didik di pondok pesantren Tahfizh al Qur’an Imam Asy Syaathiby Wahdah Islamiyah tingkat ‘Ulya adalah keterbatasan sarana dan prasarana khususnya ruang kelas dan asrama, tidak adanya bantuan operasional dari pemerintah, keterbatasan sumber daya manusia khususnya tenaga pengajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Nov 2017 00:53
Last Modified: 02 Nov 2017 00:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3620

Actions (login required)

View Item View Item