Rahmawati (2024) PENERAPAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BINA DIRI BERPAKAIAN SERAGAM SEKOLAH PADA MURID TUNANETRA DI SLB ARNADYA MAKASSAR.
Text
878-JURNAL+253-262.pdf Download (325kB) |
Abstract
Rahmawati, 2024 Penerapan Metode Drill Untuk Meningkatkan Kemampuan Bina Diri Berpakain Seragam Sekolah Pada Murid Tunanetra Di SLB Arnadya Makassar. Skripsi dibimbing oleh. Dr. H. Syamsuddin, M.Si dan Zulfitrah, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode drill dalam meningkatkan kemampuan berpakaian seragam sekolah murid tunanetra. Rumusan masalah dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Bagaimanakah kemampuan bina diri memakai seragam sekolah (berkancing) pada murid tunanetra di SLB Arnadya sebelum penerapan metode drill, 2) Bagaimanakah kemampuan bina diri memakai seragam sekolah (berkancing) pada murid tunanetra di SLB Arnadya sesudah penerapan metode drill, 3) Apakah ada peningkatan kemampuan memakai seragam sekolah (berkancing) pada murid tunanetra di SLB Arnadya melalui penerapan metode drill. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan dan dokumentasi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Deskriptif kuntitatif. Subjek penelitian ini adalah AZ siswa tunanetra kelas II SDLB. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode drill dapat memberikan perubahan kemampuan bina diri berpakaian seragam sekolah pada murid tunanetra AZ. Kemampuan berpakaian seragam sekolah murid tunanetra sebelum diberikan perlakuan, sangat tidak mampu, sedangkan setelah penerapan metode drill kemampuan bina diri berpakaian seragam sekolah murid tunanetra mengalami peningkatan pada kategori sangat mampu. Kesimpulan yang dapat diambil adalah penerapan metode drill dapat meningkatkan kemampuan bina diri berpakaian seragam sekolah pada murid tunanetra di SLB Arnadya Makassar. Kata Kunci: Bina diri, Berpakaian seragam sekolah, Tunanetra, Metode drill
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 17 Oct 2024 01:03 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 01:03 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36199 |
Actions (login required)
View Item |