Irfan (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATA KULIAH MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DI PRODI TEKNOLOGI PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
Text
01+01+Artikel+IJ-ET_+Irfan+(1).pdf Download (186kB) |
Abstract
IRFAN, 2024. Pengmbangan Multimedia Interkatif Mata Kuliah Multimedia Pembelajaran Di Prodi Teknologi Pendidikan Faklutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Skripsi. Dibimbing Oleh : Dr. Nurhikmah H, S.Pd., M.Si dan Dr. Farida Febriati, S.S., M.Si. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menganalisis tentang pengembangan multimedia interaktif mata kuliah Multimedia Pembelajaran di Prodi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Adapun rumusan masalah yaitu bagaimanakah kebutuhan multimedia interaktif mata kuliah Multimedia Pembelajaran di Prodi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar, bagaimanakah desain multimedia interaktif mata kuliah Multimedia Pembelajarn di Prodi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar, bagaimanakah kevalidan dan kepraktisan multimedia interaktif mata kuliah Multimedia Pembelajaran di Prodi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar yang dikembangkan. Tujuan penelitian ini adalah mengukur kebutuhan multimedia interaktif mata kuliah Multimedia Pembelajaran di Prodi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar, mendesain multimedia interaktif mata kuliah Multimedia Pembelajaran di Prodi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar yang akan dikembangkan, dan mengukur kevalidan dan kepraktisan multimedia interaktif mata kuliah Multimedia Pembelajaran di Prodi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar yang dikembangkan. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pengembangan Research and Development (R & D) dengan model pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Sumber data dalam penelitian ini yaitu 36 orang siswa, 1 dosen pengampu mata kuliah dan 2 orang validator yang terdiri dari validator materi/isi dan validator media. Teknik pengumpulan data berupa angket. Teknik analisis data menggunakan Analisis deskriptif kualitatif dan Analisis Deskriptif Kuantitatif berupa angket identifikasi kebutuhan, angket validasi materi/isi, angket validasi media, angket uji coba kelompok kecil, angket uji coba kelompok besar, angket tanggapan dosen pengampu mata kuliah. Hasil penelitian menunjukan hasil yang diperoleh dari identifikasi tingkat kebutuhan siswa berada pada kualifikas dibutuhkan. Hasil yang diperoleh dari validasi ahli materi/isi berada pada kualifikasi sangat valid dan validasi ahli media berada pada kualifikasi sangat valid. Untuk menguji tingkat kepraktisan produk, dilakukan uji coba kelompok kecil, uji coba kelompok besar dan tanggapan dosen pengampu. Dari ketiga uji coba tersebut, diperoleh hasil kualifikasi sangat baik.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 17 Oct 2024 00:52 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 00:52 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36196 |
Actions (login required)
View Item |