PENGARUH METODE COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN MATEMATIKA UPT SDN 2 TURATEA KABUPATEN JENEPONTO

Fatihatul Faidha Nunu (2024) PENGARUH METODE COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN MATEMATIKA UPT SDN 2 TURATEA KABUPATEN JENEPONTO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fatihatul Faidha Nunu, 2024. Pengaruh Metode Course Review Horay (CRH) Terhadap Peningkatan Minat belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran Matematika UPT SDN 2 Turatea Kabupaten Jeneponto. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Khaerunnisa dan Faidah Yusuf). Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimen yang bertujuan 1) untuk mengetahui gambaran penerapan metode CRH pada pelajaran matematika di kelas IV UPT SDN 2 Turatea, 2) Untuk mengetahui gambaran minat belajar siswa pada mata pelajaran Matematika dikelas IV UPT SDN 2 Turatea, 3) untuk mengetahui pengaruh penerapan metode CRH terhadap peningkatan minat belajar siswa pada mata Pelajaran matematika di kelas IV UPT SDN 2 Turatea. . Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bentuk Pre-experimental Design. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Variabel bebas penelitian ini yaitu Metode CRH dan variabel terikatnya yaitu Minat Belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV UPT SDN 2 Turatea, sedangkan sampelnya sama dengan jumlah populasi yaitu 24 orang dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Prosedur pengumpulan data yaitu pretest, pemberian perlakuan (Treatment), dan posttest kemudian dianalisis secara statistic deskriptif dan statistik inferensial dengan bantuan program IMB SPSS statistics version 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kegiatan pembelajaran dengan menerapkan metode CRH berlangsung berlangsung dengan baik, (2) gambaran minat belajar siswa setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan Metode CRH berada pada kategor baik, (3) terdapat pengaruh penerapan Metode CRH terhadap minat belajar siswa pada mata Pelajaran matematika kelas IV UPT SDN 2 Turatea Kabupaten Jeneponto. Kata Kunci : Metode CRH, Minat Belajar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 10 Oct 2024 03:29
Last Modified: 10 Oct 2024 03:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36191

Actions (login required)

View Item View Item