HUBUNGAN MINAT BACA DAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI BONTOTE’NE KECAMATAN BONTOMARANNU KABUPATEN GOWA

Nur Hamidah Nasir (2024) HUBUNGAN MINAT BACA DAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI BONTOTE’NE KECAMATAN BONTOMARANNU KABUPATEN GOWA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nur Hamidah Nasir, 2024. Hubungan Minat Baca dan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Bontote’ne Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Sayidiman dan Hartoto). Penelitian ini dilakukan atas dasar permasalahan rendahnya minat baca dan kurangnya pemanfaatan perpustakaan sekolah siswa kelas V SD Negeri Bontote’ne Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui gambaran minat baca siswa, 2) mengetahui gambaran pemanfaatan perpustakaan sekolah, 3) mengetahui gambaran hasil belajar siswa, dan 4) mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan minat baca dan pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Bontote’ne Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Bontote’ne Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa yang berjumlah 32 siswa. Pengambilan sampel menggunakan metode nonprobability sampling dengan teknik sampling jenuh sehingga seluruh anggota populasi menjadi sampel yaitu sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan studi dokumen. Teknik analisis data dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan uji korelasi ganda. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa: 1) minat baca siswa berada dalam kategori baik dengan nilai persentase 83,82%, 2) pemanfaatan perpustakaan sekolah oleh siswa berada dalam kategori baik dengan nilai persentase 83,28%, 3) hasil belajar siswa berada dalam kategori baik dengan nilai persentase 84,65%, dan 4) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat baca dan pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Bontote’ne Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa dengan tingkat korelasi kuat yang ditunjukkan dengan perolehan nilai signifikasi (sig f change) 0,000 < 0,05 dan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,0696. Kata kunci : minat baca, pemanfaatan perpustakaan, hasil belajar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 10 Oct 2024 03:25
Last Modified: 10 Oct 2024 03:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36190

Actions (login required)

View Item View Item