MARWANI RACHMAN (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGUASAAN LANDMARK MELALUIPELATIHAN ORIENTASI DAN MOBILITAS PADA MURID TUNANETRA KELAS III DI SLB A YAPT.
Text
Jurnal Marwani Rachman.pdf Download (195kB) |
Abstract
MARWANI RACHMAN, 2024. Peningkatan Kemampuan Penguasaan Landmark Melalui Pelatihan Orientasi dan Mobilitas Pada Murid Tunanetra Kelas III Di SLB A Yapti. Dibimbing oleh Dra. Hj. Kasmawati, M.Si dan Zulfitrah, S.Pd.,M.Pd, Jurusan Pendidikan Khusus,Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan penguasaan landmark melalui pelatihan orientasi dan mobilitas pada murid Tunanetra kelas III di SLB A Yapti.. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang siswa tunanetra kurang mampu dalam menguasai lingkungan, dalam pengamatannya digunakan metode pendengaran dan penciuman untuk memahami dan menghafal lingkungan termasuk sekolah. Mereka belajar untuk mengenali suara, aroma, dan tekstur yang berbeda untuk membantu mereka mengenali dan mengingat lokasi dan objek tertentu. Kesulitan yang mereka alami yaitu, ketika pagi hari dia masih melihat sedikit banyangan tetapi jika dimalam hari penglihatannya menjadi total. Maka dari itu penulis menyimpulkan bahwa murid tunanetra masih kurang mampu dalam berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya serta dalam menghafal beberapa ruangan dilingkungan sekolah. Kata Kunci : Penguasaan Landmark, Orientasi dan Mobilitas, Tunanetra
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 02:54 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 02:54 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36188 |
Actions (login required)
View Item |