PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS KOMIK MATEMATIKA DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS IV UPT SDN 153 MARASSI KABUPATEN ENREKANG

HAGIA SOPHIA (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS KOMIK MATEMATIKA DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS IV UPT SDN 153 MARASSI KABUPATEN ENREKANG.

[img] Text
Jurnal_Hagia Sophia_200407512027.pdf

Download (511kB)

Abstract

HAGIA SOPHIA, 2024, Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Komik Matematika Digital Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa Kelas IV UPT SDN 153 Marassi Kabupaten Enrekang. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Rahmawati Patta selaku pembimbing I dan Syamsuryani Eka Putri Atjo selaku pembimbing II). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) gambaran penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbasis komik matematika digital terhadap kemampuan numerasi siswa kelas IV UPT SDN 153 Marassi Kabupaten Enrekang, (2) gambaran kemampuan numerasi siswa kelas IV UPT SDN 153 Marassi Kabupaten Enrekang, dan (3) pengaruh penerapan model problem based learning (PBL) berbasis komik matematika digital terhadap kemampuan numerasi siswa kelas IV UPT SDN 153 Marassi Kabupaten Enrekang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian Quasi-experimen design. Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas IV dengan sampel sebanyak 25 siswa kelas eksperimen dan 23 siswa kelas kontrol dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes kemampuan numerasi siswa pada materi pecahan senilai berupa soal pretest dan posttest serta lembar observasi keterlaksanaan penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbasis komik matematika digital. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbasis komik matematika digital berlangsung dengan baik dengan persentase 83,34% dan 80%, (2) kemampuan numerasi siswa kelas IV pada kelas eksperimen meningkat dibandingkan kelas kontrol, dan (3) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbasis komik matematika digital terhadap kemampuan numerasi siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Komik Matematika Digital, Kemampuan Numerasi

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Oct 2024 02:34
Last Modified: 07 Oct 2024 02:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36186

Actions (login required)

View Item View Item