Mustika Ningrum Nur Rachmadhani (2024) UPAYA PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN LITERASI SISWA DI SMP NEGERI 1 MANGKUTANA KABUPATEN LUWU TIMUR.
Text
JURNAL Mustika Ningrum Nur Rachmadhani..pdf Download (345kB) |
Abstract
Mustika Ningrum Nur Rachmadhani, 2024. Upaya Perpustakaan Sekolah Dalam Meningkatkan Literasi Siswa Di SMP Negeri 1 Mangkutana Kabupaten Luwu Timur . Skripsi Dibimbing oleh Dra.Siti Habibah,M.Si dan Dr. Hasan, S.Pd.I., M.Pd. Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji Upaya Perpustakaan Sekolah Dalam Meningkatkan Literasi Siswa yang merupakan bentuk usaha perpustakaan sekolah dalam meningatkan literasi pada siswa serta mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam meningkatkan literasi disekolah pada siswa. Fokus penelitian ini adalah tentang Upaya Perpustakaan Sekolah Dalam Meningkatkan Literasi Siswa serta Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Dalam Meningkatkan Literasi Siswa Di Sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk menjelaskan gambaran upaya yang dilakukan pihak sekolah dalam meningkatkan literasi pada siswa di SMP Negeri 1 Mangkutana. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang merupakan proses untuk menggambarkan, menafsirkan, meringkas, dan menjelaskan berbagai kondisi, dan situasi yang ada di SMP Negeri 1 Mangkutana Kabupaten Luwu Timur. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini adalah kepala sekolah, kepala perpustakaan, dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam Upaya Perpustakaan Sekolah Dalam Meningkatkan Literasi Siswa di SMP Negeri 1 Mangkutana Kabupaten Luwu Timur upaya yang dilakukan pihak sekolah yaitu dengan penambahan koleksi buku, pengenalan buku, penataan ruang dan pembentukan gerakan literasi sekolah (GLS). Faktor pendukung dalam upaya perpustakaan sekolah dalam meningkatkan literasi siswa adalah dengan memberikan motivasi, membuatkan buku digital, dan melengkapi fasilitas yag ada diperpustakaan dalam menunjang literasi pada siswa. Namun, terdapat faktor penghambat seperti penggunaan hp yang membuat siswa malas untuk melakukan literasi dan kunjungan keperpustakaan serta kurangnya pojok baca disekolah.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 02:04 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 02:04 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36185 |
Actions (login required)
View Item |