Asrikadayani (2024) ANALISIS PENYEBAB RENDAHNYA PERINGKAT AKREDITASI PADA UPTD SD NEGERI 110 INPRES MATTOMPODALLE KABUPATEN TAKALAR.
Text
JURNAL_ASRIKADAYANI.pdf Download (473kB) |
Abstract
Asrikadayani, 2024. Analisis Penyebab Rendahnya Peringkat Akreditasi Sekolah Pada UPTD SD Negeri 110 Inpres Mattompodalle. Skripsi. Dibimbing oleh Sumarlin Mus, S.Pd., M.Pd. dan Dr. Hasan, S.Pd.I., M.Pd. Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji terkait Penyebab Rendahnya Peringkat Akreditasi Sekolah Pada UPTD SD Negeri 110 Inpres Mattompodalle. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menyajikan data berupa data tertulis dan bersifat deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Fokus penelitian ini adalah Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Peringkat Akreditasi, dan Upaya Sekolah Dalam Meningkatkan Peringkat Akreditasi. Sumber data pada penelitian ini yaitu kepala sekolah dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penyebab Rendahnya Peringkat Akreditasi Pada UPTD SD Negeri 110 Inpres Mattompodalle pada aspek manajemen sekolah yang dilihat dari visi, misi, dan tujuan sekolah/madrasah, kurikulum dan pembelajaran, pendidik dan tenaga kependidikan, bidang kesiswaan, keuangan dan pembiayaan, budaya dan lingkungan sekolah/madrasah, peran serta masyarakat dan kemitraan sekolah/madrasah, program pengawasan/supervisi. Inidikator yang paling berkontribusi terhadap rendahnya peringkat akreditasi yaitu kurikulum dan pembelajaran. Pengelolaan pengembangan kurikulum pada pembelajaran belum mampu meningkatkan hasil belajar siswa, yang dapat dilihat dari turunnya kemampuan literasi dan numerasi siswa. Pembelajaran yang dilakukan berupa pembiasaan literasi, akan tetapi hal tersebut belum mampu meningkatkan kemampuan literasi siswa. Kegiatan liteasi tersebut dilakukan hanya sekedar agar para siswa disekolah bisa membaca sedangkan untuk kemampuan siswa dalam memahami teks yang mereka baca belum dilakukan. Penurunan kualitas pembelajaran di UPTD SD Negeri 110 Inpres Mattompodalle juga dipengaruhi oleh strategi pembelajaran guru yang kurang inovasi, yang dimana strategi pembelajaran yang guru lakukan belum dapat meningkatkan antusiasme siswa yang dapat berimbas pada kualitas pembelajaran. Upaya yang dilakukan UPTD SD Negeri 110 Inpres Mattompodalle dalam peningkatan peringkat akreditasi yaitu mempersiapkan dokumen-dokumen terkait akreditasi, menjalankan program sekolah sebaik mungkin, peningkatan kompetensi guru, melakukan perbaikan mutu, dan menciptakan lingkungan sekolah yang nyaman. Kata kunci : Peringkat Akreditasi, Akreditasi sekolah
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 02:01 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 02:01 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36184 |
Actions (login required)
View Item |