PENGARUH PENERAPAN MODEL VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) TERHADAP CIVIC KNOWLEDGE SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS V UPT SDN 25 MENGKENDEK KABUPATEN TANA TORAJA

FAUZIAH MAGFIRAH RAMADHANI (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) TERHADAP CIVIC KNOWLEDGE SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS V UPT SDN 25 MENGKENDEK KABUPATEN TANA TORAJA.

[img] Text
JURNAL FAUZIAH M.R.pdf

Download (347kB)

Abstract

FAUZIAH MAGFIRAH RAMADHANI, 2024, Pengaruh Penerapan Model Value Clarification Technique (VCT) terhadap Civic Knowledge Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas V UPT SDN 25 Mengkendek Kabupaten Tana Toraja. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Nurfaizah dan Muhammad Faisal) Penelitian ini dilatarbelakangi akibat rendahnya tingkat civic knowledge siswa kelas V yang terlihat dari hasil observasi pada pembelajaran Pendidikan Pancasil. Masalah ini mendorong dilakukannya penelitian untuk mengetahui pengaruh penerapan model Value Clarification Technique (VCT) terhadap civic knowledge siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model VCT terhadap civic knowledge siswa pada pembelajaran Pendidikan Pancasila, mengetahui penerapan hasil civic knowledge siswa pada pembelajaran Pendidikan Pancasila, serta mendeskripsikan pengaruh model VCT terhadap civic knowledge siswa kelas V UPT SDN 25 Mengkendek. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis Quasi Eksperimental tipe Non-equivalent Kontrol Group Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 38 siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan penerapan model VCT berjalan dengan sangat baik. Hasil analisis inferensial menggunakan Independent Sampel t-Test menunjukkan bahwa nilai t.hitung lebih besar dari nilai t.tabel dengan taraf signifikan yang telah ditentukan, sehingga hipotesis alternatif diterima dan hopotesis nol ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa gambaran penerapan model VCT di kelas V terlaksana dengan sangat baik, gambaran civic knowledge siswa pada pembelajaran Pendidikan Pancasila setelah menerapkan model VCT di kelas V dinyatakan berkategori sedang, serta terdapat pengaruh pada penerapan model VCT terhadap civic knowledge siswa pada pembelajaran pendidikan pancasila di kelas V. Keyword: Value Clarification Technique, Civic Knowledge, Pendidikan Pancasila

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Oct 2024 01:56
Last Modified: 07 Oct 2024 01:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36183

Actions (login required)

View Item View Item