PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA LUDO MENYELESAIKAN MISI (DOKANSI) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA CERITA DI KELAS V SEKOLAH DASAR KABUPATEN MAROS

Nurul Hikma (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA LUDO MENYELESAIKAN MISI (DOKANSI) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA CERITA DI KELAS V SEKOLAH DASAR KABUPATEN MAROS.

[img] Text
JURNAL PUBLIKAN NURUL HIKMA.pdf

Download (789kB)

Abstract

Nurul Hikma, 2024. Pengaruh Penggunaan Media Ludo Menyelesaikan Misi (DOKANSI) terhadap Keterampilan Membaca Cerita di Kelas V Sekolah Dasar Kabupaten Maros. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Rosdiah Salam dan Widya Karmila Sari Achmad) Peserta didik cenderung tidak mempunyai minat dan motivasi dalam membaca buku, baik buku teks maupun buku bacaan biasa. Penelitian ini bertujuan yaitu: (1) mengetahui gambaran penggunaan media pembelajan Ludo Menyelesaian Misi (DOKANSI) terhadap Keterampilan Membaca Cerita di Kelas V Sekolah Dasar, (2) mengetahui gambaran kemampuan membaca cerita di kelas V sekolah dasar, (3) mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Ludo menyelesaikan misi (DOKANSI) untuk meningkatkan keterampilan membaca cerita di kelas V sekolah dasar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis Quasi Eksperimental tipe Non-equivalent Kontrol Group Design. Populasi dalam penelirian ini yaitu peserta didik kelas V UPTD SDN 185 Inpres Salomatti Kecamatan Tompobulu, sampelnya 12 peserta didik kelas Va dan 10 peserta didik kelas Vb yang dipilih menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes keterampilan membaca dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan penggunaan media Dokansi berjalan dengan sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) proses pembelajaran menggunakan media Ludo Menyelesaikan Misi (DOKANSI) berlangsung sangat efektif, (2) hasil tes peserta didik menunjukkan adanya peningkatan keterampilan membaca cerita di kelas V, (3) terdapat pengaruh penggunaan Media Ludo Menyelesaikan Misi (DOKANSI) terhadap keterampilan membaca cerita di kelas V sekolah dasar Kabupaten Maros Kata Kunci : Ludo Menyelesaikan Misi (DOKANSI), Keterampilan membaca cerita

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 30 Sep 2024 00:57
Last Modified: 30 Sep 2024 00:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36165

Actions (login required)

View Item View Item