Muthi’ah Ismahira (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LITERASI, ORIENTASI, KOLABORASI, DAN REFLEKSI (LOK-R) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA SEKOLAH DASAR KABUPATEN MAROS.
Text
Artikel_LOK-R_Muthi'ah Ismahira.pdf Download (220kB) |
Abstract
Muthi’ah Ismahira, 2024. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Literasi, Orientasi, Kolaborasi, dan Refleksi (LOK-R) terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar Kecamatan Turikale Kabupaten Maros. Skripsi, dibimbing oleh Ibu Dra. Rosdiah Salam, M. Pd. dan Ibu Dr. Erma Suryani Sahabuddin, M. Si. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan siswa yang cenderung mengalami kesulitan dalam memahami bacaan dikarenakan model pembelajaran yang monoton. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui gambaran penerapan model pembelajaran Literasi, Orientasi, Kolaborasi, dan Refleksi (LOK-R) pada keterampilan membaca pemahaman siswa Sekolah Dasar kecamatan Turikale kabupaten Maros, (2) Untuk mengetahui gambaran hasil keterampilan membaca pemahaman siswa Sekolah Dasar kecamatan Turikale kabupaten Maros, dan (3) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Literasi, Orientasi, Kolaborasi, dan Refleksi (LOK-R) terhadap hasil keterampilan membaca pemahaman siswa sekolah dasar kecamatan Turikale kabupaten Maros. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis Quasi Eksperimental tipe Non-equivalent Kontrol Group Design. populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV UPTD SDN 180 Pappandangan, sampelnya 24 siswa kelas IVa dan 22 siswa kelas IVb yang dipilih menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes keterampilan membaca pemahaman dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan penerapan model pembelajaran Literasi, Orientasi, Kolaborasi, dan Refleksi (LOK-R) berjalan dengan sangat baik. Hasil analisis inferensial menggunakan Independent Sampel t-Tes diperoleh nilai thitung = 3,333 > ttabel = 2,006 dengan taraf signifikan α = 0,05 sehingga hipotesis Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Literasi, Orientasi, Kolaborasi, dan Refleksi (LOK-R) berlangsung sangat baik, (2) hasil tes siswa menunjukkan adanya peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa, (3) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Literasi, Orientasi, Kolaborasi, dan Refleksi (LOK-R) terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV UPTD SDN 180 Pappandangan Kecamatan Turikale Kabupaten Maros. Kata Kunci: Model Pembelajaran Literasi, Orientasi, Kolaborasi, dan Refleksi (LOK- R), Keterampilan Membaca Pemahaman
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 30 Sep 2024 00:56 |
Last Modified: | 30 Sep 2024 00:56 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36164 |
Actions (login required)
View Item |