Penerapan Metode Gampang, Asik dan Menyenangkan (GASING) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV UPTD SDN 20 Panjallingan Kabupaten Maros

Nur Annisa (2024) Penerapan Metode Gampang, Asik dan Menyenangkan (GASING) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV UPTD SDN 20 Panjallingan Kabupaten Maros.

[img] Text
ARTIKEL_NUR ANNISA_200407501068.pdf

Download (375kB)

Abstract

Nur Annisa, 2024, Penerapan Metode Gampang, Asik dan Menyenangkan (GASING) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV UPTD SDN 20 Panjallingan Kabupaten Maros. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Hamzah Pagarra dan Afdhal Fatawuri Syamsuddin). Permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IV UPTD SDN 20 Panjallingan Kabupaten Maros. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Gampang, Asik dan Menyenangkan (GASING) dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV UPTD SDN 20 Panjallingan Kabupaten Maros. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, masing-masing meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan 36 siswa kelas IV UPTD SDN 20 Panjallingan. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi, dengan instrumen berupa tes hasil belajar, lembar observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil observasi aktivitas mengajar guru setelah penggunaan metode GASING mengalami beberapa perubahan yang positif, dimana guru mampu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, mampu mengorganisir dan membimbing siswa dalam setiap langkah-langkah penerapan metode GASING, sedangkan hasil observasi aktivitas belajar siswa menunjukkan siswa mulai lebih aktif dalam pembalajaran, lebih memahami materi secara mendalam, dan lebih bersemangat dalam belajar. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa, dilihat dari hasil tes pada siklus I ke siklus II menunjukkan peningkatan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode Gampang, Asik dan Menyenangkan (GASING) efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV UPTD SDN 20 Panjallingan Kabupaten Maros. Kata Kunci: metode pembelajaran, GASING, hasil belajar matematika

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 26 Sep 2024 02:22
Last Modified: 26 Sep 2024 02:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36159

Actions (login required)

View Item View Item