PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MEMBACA EJAAN BERBASIS CANVA UNTUK KELAS I UPT SPF SD NEGERI PANAIKANG II KOTA MAKASSAR

Andi Putri Adinda Lestari (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MEMBACA EJAAN BERBASIS CANVA UNTUK KELAS I UPT SPF SD NEGERI PANAIKANG II KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Artikel_Jurnal_Andi Putri Adinda Lestari.pdf

Download (356kB)

Abstract

Andi Putri Adinda Lestari, 2024. Pengembangan Media Pembelajaran Membaca Ejaan Berbasis Canva untuk Kelas I UPT SPF SD Negeri Panaikang II Kota Makassar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Ahmad Syawaluddin dan Hartoto). Penelitian ini dilakukan di kelas I UPT SPF SD Negeri Panaikang II Kota Makassar tentang pengembangan media pembelajaran membaca ejaan berbasis Canva. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengembangkan produk media pembelajaran membaca ejaan berbasis Canva untuk kelas I UPT SPF SD Negeri Panaikang II Kota Makassar dan (2) mengetahui kevalidan produk media pembelajaran membaca ejaan berbasis Canva untuk kelas I UPT SPF SD Negeri Panaikang II Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah Research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Alessi & Trollip yang memiliki 3 tahapan utama, yakni: (a) planning, (b) design, (c) development, serta atribut standars dan ongoing evaluation. Untuk uji validitas media pembelajaran (uji alpha) dilakukan oleh 1 orang ahli media dan 1 orang ahli materi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara dan angket, kemudian diolah menggunakan teknik analisis data deskriptif. Hasil penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran membaca ejaan berbasis Canva yang telah diuji kevalidannya pada tahap uji alpha. Hasil uji alpha mendapatkan nilai 77% dari ahli media dan mendapatkan nilai 86% dari ahli materi dengan kategori layak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) pengembangan ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran membaca ejaan berbasis Canva untuk kelas I. (2) media pembelajaran membaca ejaan berbasis Canva untuk kelas I dinilai valid digunakan. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Canva, Membaca Ejaan

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 26 Sep 2024 02:06
Last Modified: 26 Sep 2024 02:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36157

Actions (login required)

View Item View Item