PUTRI NUR IMAN (2024) MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL SISWA AUTIS MELALUI METODE BERMAIN KELOMPOK DENGAN SISWA NON – AUTIS DI SLB NEGERI MAPILLI KABUPATEN POLEWALI MANDAR PROVINSI SULAWESI BARAT.
Text
872-DRAFT+JURNAL+PUTRI+184-200 (1).pdf Download (466kB) |
Abstract
PUTRI NUR IMAN, 2024. "Meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa autis melalui metode bermain kelompok dengan siswa non-autis di SLB Negeri Mapilli." Skripsi, Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Dra. Dwiyatmi Sulasminah, M.Pd. dan Dr. Bastiana, M.Si.; Jurusan Pendidikan Khusus Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji kemampuan interaksi sosial murid autis di SLB Negeri Mapilli. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Kemampuan interaksi sosial siswa autis sebelum penerapan metode bermain kelompok dengan siswa non-autis. 2) Kemampuan interaksi sosial siswa autis sesudah penerapan metode bermain kelompok dengan siswa non-autis. 3) Peningkatan interaksi sosial siswa autis melalui metode bermain kelompok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis deskriptif. Subjek penelitian adalah murid autis kelas 4 di SLB Negeri Mapilli. Teknik pengumpulan data dengan observasi menggunakan lembar observasi untuk mengukur hasil intervensi sebelum dan sesudah. Kesimpulan penelitian: 1) Kemampuan interaksi sosial murid autis sebelum penerapan metode bermain kelompok berada pada kategori sangat rendah. 2) Kemampuan interaksi sosial murid autis sesudah penerapan metode bermain kelompok berada pada kategori sangat tinggi . 3) Terdapat peningkatan kemampuan interaksi sosial murid autis dari kategori sangat rendah menjadi sangat tinggi dengan metode bermain kelompok. Kata Kunci: Interaksi Sosial, Metode Bermain Kelompok, Autis.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 26 Sep 2024 01:52 |
Last Modified: | 26 Sep 2024 01:52 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36153 |
Actions (login required)
View Item |