PENGARUH MEDIA VIDIO PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD INPRES KASSI-KASSI 1 KOTA MAKASSAR

Ira Saputri (2024) PENGARUH MEDIA VIDIO PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD INPRES KASSI-KASSI 1 KOTA MAKASSAR.

[img] Text
jurnal ira saputri.pdf

Download (615kB)

Abstract

Ira Saputri, 2024. Pengaruh Media Video Pembelajaran Berbasis Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd Inpres Kassi-Kassi 1 Kota Makassar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar.(dibimbing oleh Andi dewi riang tati dan faidah yusuf). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penggunaan media video pembelajaran berbasis animasi terhadap hasil belajar siswa kelas V di SD Inpres Kassi-Kassi 1 Kota Makassar, gambaran hasil belajar setelah digunakan media video pembelajaran berbasis animasi pada siswa kelas V di SD Inpres Kassi-Kassi 1 Kota Makassar, dan mengetahui pengaruh penggunaan media video pembelajaran berbasis animasi terhadap hasil belajar siswa kelas V Sd Inpres Kassi-Kassi 1 Kota Makassar. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Experiment dengan tipe nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Sd Inpres Kassi-Kassi 1 kota Makassar. Sampel dalam penelitian ini adalah 20 siswa kelas VA dan 20 siswa kelas VB yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi keterlaksanaan penggunaan media pembelajaran, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Data analisis menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa persentase keterlaksanaan proses pembelajaran menggunakan media video pembelajaran berbasis animasi yaitu pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua dengan kategori baik. Hasil analisis inferensial diperoleh P = 0,003 lebih kecil dari α = 0,05 dengan menggunakan independent sample t-test menunjukkan adanya perbedaan hasil posttest antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen lebih baik dibandingkan kelompok kontrol. Didukung dengan nilai rata-rata hasil posttest siswa pada kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan pada kelompok kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa: (1) proses pembelajaran dengan menggunakan media video pembelajaran berbasis animasi terlaksana dengan kategori baik. (2) Nilai tes menunjukkan hasil belajar siswa setelah digunakan media video pembelajaran berbasis animasi berada pada kategori baik,(3) terdapat pengaruh penggunaan media video pembelajaran berbasis animasi terhadap hasil belajar siswa pada kelas V SD Inpres Kassi-Kassi 1 Kota Makassar. Kata Kunci: Media Vidio Pembelajaran Berbasis Animasi,Hasil Belajar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Sep 2024 03:24
Last Modified: 23 Sep 2024 03:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36145

Actions (login required)

View Item View Item