PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS BAHASA TORAJA PADA MATA PELAJARAN MUATAN LOKAL KELAS X DI SMA KRISTEN MAKALE

Yunita Randa Bunga (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS BAHASA TORAJA PADA MATA PELAJARAN MUATAN LOKAL KELAS X DI SMA KRISTEN MAKALE.

[img] Text
5878. Letter Of Acceptance (LoA) - Penulis -Yunita Randa Bunga, Farida Febriati, Andromeda Valent.pdf

Download (4MB)

Abstract

Yunita Randa Bunga.2024 Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis bahasa Toraja pada mata pelajaran Muatan Lokal. Skripsi ini kelas x di SMA Kristen Makale Dibimbing oleh Dr. Farida Febriati,S.S, M.Si dan Andromeda Valentino Sinaga, S.S, M.Pd Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilakukan oleh peneliti merujuk dari observasi awal dimana peneliti menemukan fakta bahwa pembelajran di SMA Kristen Makale belum mengembangkan pembelajaran berbasis teknologi atau masih Konvensional. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui tingkat kebutuhan pengembangan.(2)Mengetahui tingkat validitas pengembangan Multimedia pembelajaran. (3) Mengetahui tingkat kepraktisan pengembangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan R&D dengan model pengembangan Alessi dan Trollip yang terdiri dari beberapa tahap yaitu tahap perencanaan (Planning), tahap desain (design), dan tahap pengembangan (development). Teknik Pengumpulan data menggunakan Angket, Wawancara dan Dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di SMA Kristen Makale dengan subjek penelitian keseluruhan 30 siswa dan 1 guru Muatan Lokal Bahasa Toraja Kelas X Hasil penelitian: (1) Tahap Perancangan, melalui tahap identifikasi kebutuhan didapatkan bahwa siswa SMA Kristen Makale membutuhkan pembelajaran berbasis digital book (2) Tahap Desain, Tahap ini dilakukan pengembang dengan berdasarkan informasi yang telah didapatkan yaitu menentukan dan mencari objek-objek yang akan di kembangkan pada buku digital berupa gambar dan video serta animasi. (3) Tahap Pengembangan, dimulai dari uji coba produk didesain terdiri dari uji alpha diperoleh hasil instrumen valid untuk digunakan, ahli media pembelajaran diperoleh skor rata- rata 69% yang berada pada kualifikasi baik, ahli media isi atau materi diperoleh skor rata-rata 90% berada pada kualifikasi sangat baik sehingga media dapat diuji cobakan di lapangan untuk mengetahui kepraktisan serta uji coba betha yang dilakukan melalui uji coba kelompok kecil diperoleh skor rata- rata 91% berada pada kualifikasi sangat praktis sedangkan uji kelompok besar diperoleh skor rata-rata 92% berada pada kualifikasi sangat praktis dan tanggapan guru wali kelas X hasilnya berada pada kualifikasi sangat praktis. Hal ini berarti dapat dinyatakan bahwa buku digital Bahasa Toraja ini sangat praktis untuk digunakan dalam proses evaluasi/ujian di SMA Kristen Makale. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk Buku Digital yang sudah layak untuk digunakan untuk proses evaluasi pembelajaran di SMA Kristen Makale. Kata Kunci : Ebook,Muatan Lokal, Bahasa Toraja.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Sep 2024 02:44
Last Modified: 23 Sep 2024 02:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36141

Actions (login required)

View Item View Item