PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X DI SMA NEGERI 2 BANTAENG

Nur Fatmawati (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X DI SMA NEGERI 2 BANTAENG.

[img] Text
ARTIKEL_NUR FATMAWATI.pdf

Download (391kB)

Abstract

Nur Fatmawati, 2024. Pengembangan E-modul Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X SMA Negeri 2 Bantaeng. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. (dibimbing Oleh : Dr.Pattaufi, S.Pd., M.Si. dan Dr. Abdul Hakim, S.Pd., M.Si.) Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini sangat berkaitan dengan garis pembangunan bidang pendidikan diantaranya dapat menjadikan peserta didik yang mempunyai intelektual yang tinggi, sikap ilmiah dan dapat merancang serta membuat suatu karya teknologi yang sederhana. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan R&D (Research and Development). Bertujuan untuk 1) mengetahui tingkat kebutuhan media pembelajaran e-modul interaktif, 2) mengetahui tingkat kevalidan media pembelajaran e-modul interaktif, 3) mengetahui tingkat kepraktisan media pembelajaran e-modul interaktif yang dikembangkan. Dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Bantaeng. Subjek dari penelitian ini adalah 2 orang validator yang terdiri dari ahli isi/materi dan ahli media, peserta didik kelas X yang berjumlah 20 orang serta 1 orang guru mata pelajaran biologi. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, angket identifikasi kebutuhan, angket validasi ahli media, angket validasi ahli materi/isi, angket respon peserta didik, dan angket respon guru mata pelajaran. Metode analisis data terdiri atas analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kebutuhan peserta didik berada pada kualifikasi dibutuhkan. Produk yang dihasilkan berupa e-modul interaktif biologi pada materi virus. Kelayakan produk berdasarkan validasi ahli isi/materi berada pada kategori sangat baik, validasi media berada pada kategori sangat baik, uji coba perorangan dengan hasil baik, uji coba kelompok besar dengan hasil baik, dan tanggapan guru pengampu mata pelajaran berada pada kategori baik. Kesimpulan dari hasil penelitian ini, tingkat analisis kebutuhan media pembelajaran berada pada kategori dibutuhkan, media pembelajaran e-modul interaktif termasuk kategori valid dan praktis untuk digunakan pada kegiatan pembelajaran. Kata Kunci : Pengembangan, E-Modul Interaktif, Biologi Kelas X

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 19 Sep 2024 01:03
Last Modified: 19 Sep 2024 01:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36137

Actions (login required)

View Item View Item