PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI SDN NO. 48 INP. TULLU BULAN KECAMATAN SENDANA KABUPATEN MAJENE

Aslia Hamzah (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI SDN NO. 48 INP. TULLU BULAN KECAMATAN SENDANA KABUPATEN MAJENE.

[img] Text
Jurnal Aslia Hamzah_200407501010_Revisi 1.pdf

Download (247kB)

Abstract

Aslia Hamzah, 2024. Penerapan Model Pembelajaran Take and give untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V di SDN No.48 Inp. Tullu Bulan Kecamatan Sendana Kabupaten Majene. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Dra. Rosdiah Salam, M.Pd. dan Dr. Widya Karmila Sari Achmad, S.Pd,. M.Pd). Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V di SDN No. 48 Inp. Tullu Bulan Kecmatan Sendana Kabupaten Majene. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman dengan menggunakan model pembelajaran take and give pada siswa kelas V di SDN No. 48 Inp. Tullu Bulan Kecamatan Sendana Kabupaten Majene. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Fokus penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran take and give dan peningkatan keterampilan membaca pemahaman menggunakan model pembelajaran take and give. Setting penelitian ini adalah SDN No. 48 Inp. Tullu Bulan Kecamatan Sendana Kabupaten Majene tahun ajaran 2023/2024. Adapun subjek penelitiannya adalah guru dan siswa kelas V SDN No. 48 Inp. Tullu Bulan Kecmatan Sendana Kabupaten Majene, dengan jumlah siswa 10 orang, terdiri dari 7 orang perempuan dan 3 orang laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa secara klasikal dan individu dari siklus I ke siklus II. Adapun dalam aktivitas pembelajaran siswa pencapaian pada siklus I berada pada kategori kurang dan cukup sedangkan pada pencapaian siklus II berada pada kategori baik. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran take and give dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V di SDN No. 48 Inp. Tullu Bulan Kecamatan Sendana Kabupaten Majene. Kata Kunci: Model Pembelajaran take and give, Keterampilan Membaca Pemahaman.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Sep 2024 06:25
Last Modified: 17 Sep 2024 06:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36134

Actions (login required)

View Item View Item