PENGEMBANGAN MEDIA TABEL PERKALIAN PINTAR (TAKALINTAR) BERBASIS DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL PERKALIAN SISWA KELAS IV SD NEGERI ROMANGLASA KABUPATEN GOWA

Aulia Wulan (2024) PENGEMBANGAN MEDIA TABEL PERKALIAN PINTAR (TAKALINTAR) BERBASIS DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL PERKALIAN SISWA KELAS IV SD NEGERI ROMANGLASA KABUPATEN GOWA.

[img] Text
Journal_Aulia Wulan.pdf

Download (394kB)

Abstract

Aulia Wulan, 2024. Pengembangan Media Tabel Perkalian Pintar (TAKALINTAR) Berbasis Digital untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Perkalian Siswa Kelas IV SD Negeri Romanglasa Kabupaten Gowa, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Sayidiman dan Hartoto). Penelitian ini bertujuan 1) untuk menghasilkan media tabel perkalian pintar (TAKALINTAR) berbasis digital, 2) untuk mengetahui kevalidan media, 3) untuk mengetahui kepraktisan media dan 4) untuk mengetahui keefektifan media untuk meningkatkan kemampuan menghafal perkalian siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE (analyze, design, development, Implementation, evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Romanglasa, kabupaten Gowa. Subjek penelitian ini adalah 2 orang validator yang terdiri dari ahli media dan ahli materi, 30 orang siswa kelas IV SD Negeri Romanglasa, dan 1 orang guru wali kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) media yang dihasilkan berupa aplikasi media TAKALINTAR berbasis digital untuk meningkatkan kemampuan menghafal perkalian siswa, 2) kevalidan media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli media diperoleh persentase 87,5% yang termasuk dalam kategori sangat layak, dan penilaian ahli materi diperoleh persentase 93,75% yang termasuk dalam kategori sangat layak, 3) kepraktisan media berdasarkan penilaian respon guru diperoleh persentase 84,37% yang termasuk dalam kategori sangat praktis, dan penilaian respon siswa diperoleh persentase 89,06% yang termasuk dalam kategori sangat praktis, dan 4) keefektifan media berdasarkan uji N-Gain diperoleh skor 0,5710 yang termasuk dalam kategori sedang, jika dipersentasekan mendapat nilai 57,10% sehingga termasuk dalam kategori cukup efektif. Dengan demikian media tabel perkalian pintar (TAKALINTAR) berbasis digital ini dinyatakan layak, praktis dan cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan menghafal perkalian siswa sehingga layak digunakan. Kata Kunci: Media pembelajaran digital, Kemampuan menghafal perkalian, Media TAKALINTAR

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Sep 2024 06:23
Last Modified: 17 Sep 2024 06:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36133

Actions (login required)

View Item View Item