Uswatun Nadifah Amir (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 18 TUMAMPUA I KECAMATAN PANGKAJENE KABUPATEN PANGKEP.
Text
Jurnal Uswatun Nadifah Amir.pdf Download (551kB) |
Abstract
Uswatun Nadifah Amir, 2024. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD Negeri 18 Tumampua I Kecamatan Pangkajene Kabupaten Pangkep. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Amrah dan Muhammad Faisal) Tujuan dari penelitian yaitu: (1) mengetahui gambaran penerapan pembelajaran di kelas menggunakan Model Pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) terhadap kemampuan membaca pemahaman, (2) mengetahui gambaran kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV, dan (3) mengetahui pengaruh penerapan Model pembelajaran Pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD Negeri 18 Tumampua I Kecamatan Pangkajene Kabupaten Pangkep. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis Quasi Eksperimental tipe Non-equivalent Kontrol Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV UPT SD Negeri 18 Tumampua I, sampelnya 26 siswa kelas IVA dan 29 siswa kelas IVB yang dipilih menggunakan teknik Purposive Sampling. Kemudian setelah diberikan treatmeant menggunakan model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) bahwa dalam proses pembelajaran terlaksana dengan sangat efektif, kemampuan membaca pemahaman siswa kelas eksperimen berada pada kategori sangat tinggi, dan model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) berpengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman kelas IV hal ini dapat dilihat dari hasil analisis inferensial menggunakan Independent Sampel t-Tes diperoleh nilai thitung lebih besar dari ttabel dengan taraf signifikan α = 0,05 sehingga hipotesis Ha diterima dan H0 ditolak.. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) proses pembelajaran menggunakan Model Pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) berlangsung sangat efektif, (2) hasil tes siswa menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa, (3) terdapat pengaruh penerapan Model Pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD Negeri 18 Tumampua I Kecamatan Pangkajene Kabupaten Pangkep. Kata Kunci: Model Pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review), Kemampuan Membaca Pemahaman
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 17 Sep 2024 06:19 |
Last Modified: | 17 Sep 2024 06:19 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36132 |
Actions (login required)
View Item |