PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNALAR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV UPT SPF SD INPRES GUNUNG SARI BARU

Bau Isra (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNALAR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV UPT SPF SD INPRES GUNUNG SARI BARU.

[img] Text
ARTIKEL_BAU ISRA.pdf

Download (737kB)

Abstract

Bau Isra. 2024. Penerapan Model Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan Bernalar Kritis siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV UPT SPF SD Inpres Gunung Sari Baru. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing oleh Nurhaedah dan Sayidiman). Studi ini mengkaji Model Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan Bernalar Kritis siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV UPT SPF SD Inpres Gunung Sari baru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Penerapan Model Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan bernalar kritis Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV UPT SPF SD Inpres Gunung Sari Baru. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan model Kemmis & Mc. Taggart. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada penelitian ini terdiri dua Siklus dengan proses meliputi tahap Perencanaan meggunakan model PBL, tahap Observasi dilakukan pada saat proses tindakan berlangsung, selanjutnya tahap refleksi, dengan melihat apakah terdapat hal yang perlu diperbaiki untuk menentukan tindakan selanjutnya. Adapun hasil penelitian yang diperoleh dari Siklus I menunjukkan bahwa: Hasil Observasi Guru Siklus I masuk dalam kategori kurang begitu juga dengan Hasil Observasi Siswa Siklus I masih kurang atau belum mencapai standar keberhasilan, sementara itu hasil tes bernalar kritis siswa pada siklus I masuk dalam kriteria rendah. Maka dari itu peneliti melanjutkan penelelitian siklus II dengan hasil yang diperoleh menunjukkan: Hasil Observasi Guru Siklus II dalam kategori baik begitu juga dengan Hasil Observasi Siswa Siklus II dalam ketegori baik atau dengan hasil ini sudah mencapai standar keberhasilan yang diinginkan peneliti. Dengan demikian hasil tes bernalar kritis siswa pada siklus II menunjukkan, peneliti berhasil meningkatkan kemampuan bernalar kritis siswa dengan kriteria sangat tinggi. Kata Kunci : Problem Based Learning, Bernalar Kritis

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Sep 2024 06:14
Last Modified: 17 Sep 2024 06:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36131

Actions (login required)

View Item View Item