KOMPETENSI TEKNIS TENAGA ADMINISTRASI SEKOLAH (TAS) DI SMA NEGERI 10 MAKASSAR

INSYIRAH (2024) KOMPETENSI TEKNIS TENAGA ADMINISTRASI SEKOLAH (TAS) DI SMA NEGERI 10 MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL Insyirah-1.pdf

Download (332kB)

Abstract

INSYIRAH, 2024. Kompetensi Teknis Tenaga Administrasi Sekolah (TAS) Di SMA Negeri 10 Makassar. Sripsi dibimbing oleh Dra. Siti Habibah, M. Si dan Irmawati S. Pd,. M. Pd; Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang kompetensi teknis tenaga administrasi sekolah (TAS) di SMA Negeri 10 Makassar. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kompetensi teknis tenaga administrasi sekolah (TAS) di SMA Negeri 10 Makassar serta untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat kompetensi tenaga kependidikan di SMA Negeri 10 Makassar. Pendekatan ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan permasalahan dan fokus penelitian. Metode yang dipakai dalam mengumpulkan data adalah metode deskriptif yang dirancang untuk memperoleh informasi tentang bagaimana kompetensi teknis tenaga administrasi sekolah (TAS) di SMA Negeri 10 Makassar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, penelitian yang digunakan untuk meneliti pada objek yang alami. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan secara alamiah, apa adanya dalam situasi normal yang tidak dimanipulasi keadaan dan kondisinya. Apabila peneliti menggunakan kuesioner atau wawancara dalam pengumpulan datanya, maka sumber data disebut responden orang yang merespon atau menjawab pertanyaan-pertanyaan peneliti, baik pertanyaan tertulis maupun lisan). Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi teknis tenaga administrasi sekolah (tas) memiliki kemampuan yaitu melaksanakan administrasi kepegawaian, melaksanakan administrasi keuangan, melaksanakan administrasi sarana dan prasarana, melaksanakan administrasi hubungan sekolah dengan masyarakat, melaksanakan administrasi persuratan dan pengarsipan, melaksanakan administrasi kesiswaan, melaksanakan administrasi kurikulum, melaksanakan administrasi layanan khusus, melaksanakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Faktor pendukung kompetensi teknis tenaga administrasi sekolah (TAS) diantaranya, Fasilitas sarana dan prasarana yang memadai, serta adanya dukungan dan kontribusi dari kepala sekolah Sedangkan faktor penghambat Kurangnya pelatihan ataupun diklat untuk tenaga administrasi, menjadi menyebabkan belum optimalnya pengelolaan sistem IT, terlebih lagi diera globalisasi, banyak aplikasi-aplikasi baru untuk menunjang kegiatan sekolah. Kata Kunci : Kompetensi Teknis, Tenaga Administrasi Sekolah, Tenaga Tata Usaha

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Sep 2024 06:05
Last Modified: 17 Sep 2024 06:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36129

Actions (login required)

View Item View Item