PENGARUH METODE PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V UPT SPF SD NEGERI PANAIKANG II KOTA MAKASSAR

A. NURUL HALIZAH AHMAD (2024) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V UPT SPF SD NEGERI PANAIKANG II KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Artikel_Jurnal_A. Nurul Halizah Ahmad.pdf

Download (334kB)

Abstract

A. NURUL HALIZAH AHMAD, 2024. Pengaruh Metode Pembelajaran Learning Starts With A Question Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V UPT SPF SD Negeri Panaikang II Kota Makassar. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Andi Dewi Riang Tati dan Nurhaedah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran metode pembelajaran Learning Starts With A Question (LSQ) pada mata pelajaran IPAS, gambaran hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS, dan mengetahui pengaruh metode pembelajaran Learning Starts With A Question (LSQ) terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran IPAS kelas V UPT SPF SD Negeri Panaikang II Kota Makassar. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Experiment dengan tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V UPT SPF SD Negeri Panaikang II Kota Makassar. Sampel dalam penelitian ini adalah 22 siswa kelas VA dan 22 siswa kelas VB yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Data analisis menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol setelah diberikan perlakuan. Hasil analisis inferensial menggunakan Independent Samples Test diperoleh nilai signifikasi < 0,05 sehingga hipotesis H1 diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) proses pembelajaran menggunakan metode pembelajaran Learning Starts With A Question (LSQ) yaitu berlangsung sangat baik. (2) hasil tes menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran, (3) terdapat pengaruh metode pembelajaran Learning Starts With A Question (LSQ) yaitu terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V UPT SPF SD Negeri Panaikang II Kota Makassar. Kata Kunci: Learning Starts With A Question (LSQ), Hasil Belajar, IPAS

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Sep 2024 03:23
Last Modified: 17 Sep 2024 03:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36125

Actions (login required)

View Item View Item