DARMAWAN YS (2024) PENERAPAN TEKNIK TRAILING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN TUNANETRA KELAS VI DI SLB NEGERI PAMBOANG.
Full text not available from this repository.Abstract
DARMAWAN YS, 2023. Penerapan Teknik Trailing Untuk Meningkatkan Kemandirian Tunanetra Kelas VI di SLB Negeri Pamboang. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Bastiana, M.Si dan Zulfitrah, S.Pd., M.Pd; Jurusan Pendidikan Khusus Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemandirian anak tunanetra di SLB Negeri Pamboang sebelum dan setelah penerapan teknik trailing. Dimana rumusan penelitian adalah bagaimanakah kemandirian anak tunanetra sebelum dan setelah menerapkan teknik trailing. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan teknik pengumpulan data berupa tes perlakuan. Data yang dikumpulkan akan dianalis untuk membandingkan hasil tes sebelum dan setelah penerapan program intervensi teknik trailing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum menerapkan teknik trailing, kemandirian anak tunanetra kelas VI di SLB Negeri Pamboang dalam menelusuri objek untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain masih rendah, dengan presentase nilai 20% masuk dalam kategori tidak mampu. Namun, setelah menerapkan program intervensi teknik trailing, kemandirian anak meningkat secara signifikan, dengan presentase nilai mencapai 80% dan masuk dalam kategori mampu. Dengan demikian, bahwa penerapan teknik trailing secara positif mempengaruhi kemandirian anak tunanetra dalam menelusuri objek dan berpindah dari satu tempat ke tempat lain di SLB Negeri Pamboang. Kata kunci: Teknik Trailing, Kemandirian, Tunanetra.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 17 Sep 2024 03:20 |
Last Modified: | 17 Sep 2024 03:20 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36124 |
Actions (login required)
View Item |