PENINGKATAN KEMAMPUAN ORIENTASI DAN MOBILITAS MELALUI TEKNIK MELAWAT MANDIRI PADA MURIDTUNANETRA KELAS II DI SLB ABCD MUHAMMADIYAH PALU

MUH. IRZAN USMAN (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN ORIENTASI DAN MOBILITAS MELALUI TEKNIK MELAWAT MANDIRI PADA MURIDTUNANETRA KELAS II DI SLB ABCD MUHAMMADIYAH PALU.

[img] Text
Jurnal Muh Irzan Usman (1745041032).pdf

Download (318kB)

Abstract

MUH. IRZAN USMAN 2022. Peningkatan kemampuan orientasi dan mobilitas melalui teknik melawat mandiri pada murid tunanetra kelas II di SLB ABCD Muhammadiyah Palu. Skripsi dibimbing oleh Dra. Hj. St. Kasmawati, M.Si dan Dr. Purwaka Hadi, M.Si. Program Studi Pendidikan Khusus, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang kemampuan orientasi dan mobilitas melalui teknik melawat mandiri pada program khusus orientasi dan mobilitas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah peningkatan kemampuan orientasi dan mobilitas melalui teknik melawat mandiri pada murid tunanetra kelas II di SLB ABCD Muhammadiyah Palu”. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan. Subjek dalam penelitian ini adalah satu murid Tunanetra blind yang berinisial AD. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen Single Subject Research (SSR) yaitu memfokuskan pada data individu sebagai sampel penelitian dengan desain menggunakan A-B-A. Kesimpulan penelitian ini: 1) Kemampuan orientasi dan mobilitas melalui teknik melawat mandiri bagi murid tunanetra di SLB ABCD Muhammadiyah Palu. sebelum pemberian perlakuan sangat kurang 2) Kemampuan orientasi dan mobilitas melalui teknik melawat mandiri bagi murid tunanetra di SLB ABCD Muhammadiyah Palu saat pemberian perlakuan berada pada kategori baik sekali 3) Kemampuan orientasi dan mobilitas melalui teknik melawat mandiri bagi murid tunanetra di SLB ABCD Muhammadiyah Palu setelah pemberian perlakuan berada pada kategori baik sekali 4) Peningkatan kemampuan orientasi dan mobilitas melalui teknik melawat mandiri bagi murid tunanetra di SLB ABCD Muhammadiyah Palu berdasarkan hasil perbandingan antar kondisi yaitu pada kondisi sebelum diberikan perlakuan kemampuan orientasi dan mobilitas melalui teknik melawat mandiri sangat kurang menjadi meningkat ke kategori baik sekali pada kondisi selama diberikan perlakuan dan pada kondisi saat diberikan perlakuan kemampuan orientasi dan mobilitas melalui teknik melawat mandiri setelah diberikan perlakuan pada kategori baik sekali dengan nilai yang lebih rendah pada saat diberikan perlakuan, akan tetapi nilai yang diperoleh subjek AD lebih tinggi dibandingkan sebelum diberikan perlakuan. Kata kunci: Kemampuan Orientasi dan Mobilitas, Teknik melawat mandiri, Tunanetra Blind.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Sep 2024 03:17
Last Modified: 17 Sep 2024 03:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36123

Actions (login required)

View Item View Item