PENERAPAN METODE JARIMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PERKALIAN BAGI SISWA TUNARUNGU

RIDHA PURNAMA SARI (2024) PENERAPAN METODE JARIMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PERKALIAN BAGI SISWA TUNARUNGU.

[img] Text
Jurnal.pdf

Download (335kB)

Abstract

RIDHA PURNAMA SARI,2023. Penerapan Metode Jarimatika Untuk Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Perkalian Bagi Siswa Tunarungu. Skripsi ini dibimbing oleh Dr. Mustafa, M.Si dan Dr. H. Syamsuddin, M.Si Jurusan Pendidikan Khusus, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah siswa Tunarungu kelas VIII di SLB B YPPLB Makassar belum mampu menghitung perkalian 6 sampai 9 dengan benar. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1). Bagaimanakah kemampuan operasi hitung perkalian bagi siswa Tunarungu di SLB B YPPLB Makassar ?. 2). Bagaimanakah penerapan jarimatika untuk meningkatkan kemampuan operasi hitung perkalian bagi siswa Tunarungu di SLB B YPPLB Makassar ?. 2). Bagaimanakah peningkatan kemampuan operasi hitung perkalian bagi siswa Tunarungu di SLB B YPPLB Makassar ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Kemampuan operasi hitung perkalian bagi siswa Tunarungu di SLB B YPPLB Makassar. 2) Penerapan jarimatika untuk meningkatkkan kemampuan operasi hitung perkalian bagi siswa Tunarungu di SLB B YPPLB Makassar. 3) Peningkatan kemampuan operasi hitung perkalian bagi siswa Tunarungu di SLB B YPPLB Makassar. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek yang terlibat dalam penelitian adalah siswa Tunarungu kelas VIII di SLB B YPPLB Makassar dengan inisial BD. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis. Analisis data dilakukan dengan membandingkan kemampuan operasi hitung perkalia sebelum dan setelah penerapan metode jarimati ka pada siswa Tunagrahita. Disimpulkan bahwa hasil penelitian terhadap kemampuan operasi hitung perkalian pada siswa Tunarungu kelas VIII di SLB B YPPLB Makassar melalui penerapan metode jarimatika menunjukkan peningkatan yaitu sebelum penerapan metode jarimatika siswa hanya mampu menjawab 2 pertanyaan dengan benar dan setelah penerapan metode jarimatika siswa mampu menjawab 8 soal dengan benar. Kata Kunci: Kemampuan operasi hitung perkalian, metode jarimatika, anak Tunarungu

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Sep 2024 03:13
Last Modified: 17 Sep 2024 03:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36122

Actions (login required)

View Item View Item