PENGARUH BERMAIN PROYEK DENGAN MEDIABALOK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ANAK DI TK ISLAM TERPADU NURUL FIKRI MAKASSAR

Nurul Afifah (2024) PENGARUH BERMAIN PROYEK DENGAN MEDIABALOK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ANAK DI TK ISLAM TERPADU NURUL FIKRI MAKASSAR.

[img] Other
Artikel_Nurul Afifah.PDF

Download (263kB)

Abstract

Nurul Afifah, 2023. Pengaruh Bermain Proyek dengan Media Balok Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Anak di TK Islam Terpadu Nurul Fikri Makassar. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar, Pembimbing: (1) Parwoto (2) Muhammad Akil Musi Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh bermain projek dengan media balok terhadap kemampuan berpikir kritis anak di TK Islam Terpadu Nurul Fikri Makassar. Terdapat masalah yng ditemukan yaitu anak cenderung pasif dalam belajar, kurang berinteraksi dengan temannya, enggan menanyakan hal-hal baru, dan guru belum memfasilitasi keinginan anak bermain sesuai pilihan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis bagi kelompok anak yang mengikuti model bermain projek dan pembelajaran tutorial, untuk mengetahui pengaruh penerapan bermain projek terhadap kemampuan berpikir kritis anak. Metode yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistic deskriptif dan analisis non parametrik. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah bermain projek dengan media balok serta variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak didik kelas A di TK Islam Terpadu Nurul Fikri Makassar. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 12 anak dengan pembagian 5 anak sebagai kelompok eksperimen dan 5 anak sebagai kelompok kontrol. Adapun hasil dari yang diperoleh dari penelitian ini adalah bermain projek dengan media balok memberikan pengaruh yang terdapat pengaruh yang signifikan pada bermain projek dengan media balok terhadapkemampuan berpikir kritis anak di TK Islam Terpadu Nurul Fikri Makassar, dapat dilihat pada hasil uji statistik yang menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis anak pada kelompok eksperimen memperoleh nilai asymp Sig (2-taliled) yang diperoleh 0,027 < 0,05. Adapun hasil perhitungan kemampuan berpikir kritis anak pada kelompok kontrol memperoleh nilai asymp Sig (2-taliled) yang diperoleh 0,063> 0,05. Kata Kunci: Bermain Proyek dengan Media Balok. Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Sep 2024 03:05
Last Modified: 17 Sep 2024 03:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36121

Actions (login required)

View Item View Item