PENGARUH PEMBELAJARAN BERMUATAN STEAM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK RAODHATUL JANNAH KABUPATEN TAKALAR

Rezki Ananda Yunita (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN BERMUATAN STEAM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK RAODHATUL JANNAH KABUPATEN TAKALAR.

[img] Text
Artikel-Rezki Ananda Yunita-200409501026.pdf

Download (285kB)

Abstract

Rezki Ananda Yunita, 2024. Skripsi, Pengaruh Pembelajaran Bermuatan STEAM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia 5-6 Tahun di TK Raodhatul Jannah Kabupaten Takalar. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Syamsuardi dan Sri Rika Amriani). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Bermuatan STEAM Terhadap Kemampuan berpikir kritis Anak Usia 5-6 Tahun di TK Raodhatul Jannah Kabupaten Takalar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah 20 anak kelompok B usia 5-6 tahun di TK Raodhatul Jannah Kabipaten Takalar. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 16 anak kelompok B usia 5-6 tahun dengan 8 anak sebagai kelompok eksperimen dan 8 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Prosedur pengumpulan data yaitu perencanaan, pemberian pre-test, Pemberian perlakuan, pemberian post-test, dan analisis Hasil. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik non parametrik dengan menggunakan Uji Wilcoxon Sign Rank Test. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis anak yang diberi perlakuan pembelajaran bermuatan STEAM pada kelompok eksperimen lebih baik dari pada kelompok kontrol. Hasil analisis data diperoleh peningkatan rata-rata pada kelompok eksperimen 19,88, sedangkan pada kelompok kontrol 11,50. Hasil pengujian menunjukkan sig. (2-tailed) 0,012 < 0,05 maka H₀ ditolak dan H₁ diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran bermuatan STEAM memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis anak usia 5-6 tahun di TK Raodtaul Jannnah Kabupaten Takalar. Kata Kunci : Pembelajaran, STEAM, Berpikir Kritis

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Sep 2024 02:49
Last Modified: 17 Sep 2024 02:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36120

Actions (login required)

View Item View Item