Inayah Kencanawati (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK RAUDHATUL JANNAH.
Text
ARTIKEL INAYAH KENCANAWATI.pdf Download (308kB) |
Abstract
Inayah Kencanawati, 2024. Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Terhadap Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia 5-6 Tahun di TK Raudhatul Jannah. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Herman dan Muhammad Yusri Bachtiar). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Terhadap Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia 5-6 Tahun di TK Raudhatul Jannah. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah anak kelompok B usia 5-6 Tahun di TK RaudhatulJannah. Populasi dalam penelitian ini adalah 10 anak pada kelompok B1 dan 10 anak pada kelompok B2. Dalam pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 20 anak kelompok B usia 5-6 tahun dengan 10 anak sebagai kelompok eksperimen dan 10 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis nonparametrik dengan menggunakan Uji Wilcoxon Sign Rank Test versi 23. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemamp uan berpikir simbolik anak yang diberi perlakuan menggunakan media berbasis augmented reality pada kelompok eksperimen lebih baik dari kelompok kontrol. Hasil analisis data diperoleh peningkatan rata-rata pada kelompok eksperimen 25,00 sedangkan pada kelompok kontrol 19,00. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sig. (2-tailed) 0,003 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis augmented reality berpengaruh terhadap kemampuan berpikir simbolik anak usia 5-6 tahun di TK Raudhatul Jannah. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Augmented Reality, Berpikir Simbolik
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 17 Sep 2024 02:32 |
Last Modified: | 17 Sep 2024 02:32 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36118 |
Actions (login required)
View Item |