PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND ROBIN BRAINSTORMING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V UPT SPF SD INPRES KASSI–KASSI 1 KOTA MAKASSAR

Suci Damayanti (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND ROBIN BRAINSTORMING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V UPT SPF SD INPRES KASSI–KASSI 1 KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal_Suci Damayanti.pdf

Download (550kB)

Abstract

Suci Damayanti, 2024. Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Round Robin Brainstorming terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V UPT SPF SD Inpres Kassi-Kassi 1 Kota Makassar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Faidah Yusuf dan Afdhal Fatawuri Syamsuddin). Penelitian ini dilakukan atas dasar permasalahan yang ditemukan di UPT SPF SD Inpres Kassi-Kassi 1 Kota Makassar yaitu rendahnya keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui gambaran keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Round Robin Brainstorming siswa kelas V UPT SPF SD Inpres Kassi-Kassi 1 Kota Makassar, (2) untuk mengetahui gambaran ketercapaian keterampilan berbicara siswa kelas V UPT SPF SD Inpres Kassi-Kassi 1 Kota Makassar, (3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Round Robin Brainstorming terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V UPT SPF SD Inpres Kassi-Kassi 1 Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bentuk quasi eksperimental design. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Varibel bebas penelitian ini yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Round Robin Brainstorming dan variabel terikatnya yaitu keterampilan berbicara. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen (VA) dan kelas kontrol (VB), teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, dimana sampel ditetapkan secara sengaja oleh peneliti. Teknik pengumpulan data antara lain lembar observasi dan tes. Prosedur pengumpulan data yaitu pretest, pemberian perlakuan, dan posttest kemudian dianalisis secara statistic deskriptif dan statistik inferensial dengan bantuan program IMB SPSS statistics version 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Round Robin Brainstorming terlaksana dengan baik dengan persentase dari 83% meningkat 95%. (2) ketercapaian keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan model Round Robin Brainstorming menunjukkan adanya peningkatan dari skor rata-rata 59.25 meningkat 88,50. (3) hasil uji hipotesis menunjukkan nilai probabilitas lebih kecil dari 0.05 (0.000 < 0.05) maka, H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan, yang artinya bahwa terdapat pengaruh hasil tes keterampilan berbicara siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran Round Robin Brainstorming. Dapat disimpulkan bahwa, model pembelajaran kooperatif tipe Round Robin Brainstorming dalam kategori sangat baik dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Kata kunci: model pembelajaran kooperatif, Round Robin Brainstorming keterampilan berbicara.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Sep 2024 02:24
Last Modified: 17 Sep 2024 02:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36115

Actions (login required)

View Item View Item