EFEKTIVITAS PEMBERIAN REWARD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 29 MARANA KECAMATAN LAU KABUPATEN MAROS

Musdalifah Azzahrah (2024) EFEKTIVITAS PEMBERIAN REWARD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 29 MARANA KECAMATAN LAU KABUPATEN MAROS.

[img] Text
Artikel Ifa.pdf

Download (256kB)

Abstract

Musdalifah Azzahrah, 2024. Efektivitas Pemberian Reward untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Kelas IV SDN 29 Marana Kecamatan Lau Kabupaten Maros. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Latri dan Nurhaedah) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pemberian reward pada mata pelajaran matematika, untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika dan mengetahui efektivitas pemberian reward untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SDN 29 Marana Kabupaten Maros. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Experiment dengan tipe nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 29 Marana Kabupaten Maros. Sampel dalam penelitian ini adalah 28 siswa kelas IVA dan 28 siswa kelas VB yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan lembar agket motivasi, lembar observasi keterlaksanaan pemberian Reward (poin tambahan)dan dokumentasi. Data analisis menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa persentase keterlaksanaan proses pembelajaran dengan pemberian Reward (poin tambahan) yaitu pada pertemuan pertama berkategori cukup dan pertemuan kedua dengan kategori baik. Hasil analisis inferensial diperoleh dengan menggunakan uji tanda (sing-test) menunjukkan adanya perbedaan hasil postrespond antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Didukung dengan nilai ratarata hasil postrespond siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan pada kelas kontrol . Sehingga dapat disimpulkan bahwa: (1) Proses pembelajaran dengan menggunakan pemberian Reward baik. (2) Hasil angket menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran, (3) Pemberian Reward (poin tambahan) cukup efektif meningkatkan motivas belajar siswa pada mata pembelajaran matematika kelas IV SDN 29 Marana Kecamatan Lau Kabupaten Maros. Kata Kunci Reward, Motivasi Belajar Siswa, Matematika

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Sep 2024 02:20
Last Modified: 17 Sep 2024 02:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36114

Actions (login required)

View Item View Item