PENGEMBANGAN MEDIA BIG-BOOK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 1 DI SDN 245 LEPPANG II KABUPATEN SINJAI

Nur Inas Taqiyyah (2024) PENGEMBANGAN MEDIA BIG-BOOK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 1 DI SDN 245 LEPPANG II KABUPATEN SINJAI.

[img] Text
Artikel Nur Inas Taqiyyah.pdf

Download (732kB)

Abstract

Nur Inas Taqiyyah, 2024. Pengembangan Media Big Book pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 di SDN 245 Leppang II Kabupaten Sinjai. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh pembimbing 1 Bhakti Prima Findiga H dan pembimbing II Afdhal Fatawuri Syamsuddin). Media pembelajaran memiliki beragam jenis. Maka dari itu perlu diadakan pemilihan media pembelajaran yang tepat yang bertujuan agar dapat menarik perhatian peserta didik serta memberikan kejelasan objek yang akan diamatinya dalam pembelajaran nanti. Dengan demikian rasa bosan yang biasa dirasakan siswa ketika belajar dengan teknik ceramah secara konvensional pun tidak terjadi, dikarenakan pembelajaran terasa lebih efektif dengan adanya media pembelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran big book yang layak digunakan pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 1 Sekolah Dasar. Penelitian dan pengembanga ini menggunakan jenis penelitian research and development (R&D). Prosedur penelitian dan pengembangan ini menggunakan model 4D memiliki 4 tahapan. Adapun empat tahapan tersebut adalah tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), tahap penyebaran (dissemination). Produk yang dihasilkan penelitian dan pengembangan ini melalui dua tahapan uji coba yaitu uji alpa dan uji beta. Uji alpa dilakukan oleh 1 orang ahli materi dan 1 orang ahli media. Hasil analisis validasi ahli materi diperoleh kategori kelayakan produk “sangat layak” dan hasil analisis validasi ahli media diperoleh kategori kelayakan produk “layak”. Adapun uji beta dilakukan oleh pengguna atau responden yaitu 25 orang siswa dan 1 orang guru. Hasil analisis angket respon diperoleh presentase nilai masingmasing kelompok kecil, kelompok besar dengan kategori kelayakan produk “sangat layak”. Berdasarkan hasil analisis data uji alpa dan uji beta media pembelajaran big book sangat layak digunakan. Sehingga penelitian dan pengembangan ini dapat menjadi inovasi dalam mengembangkan media pembelajaran khususnya big book dan menjadi referensi tambahan bagi peneliti selanjutnya. Kata Kunci: Media Big Book, Bahasa Indonesia

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Sep 2024 02:15
Last Modified: 17 Sep 2024 02:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36112

Actions (login required)

View Item View Item