PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI SAMATA

Bahrianti (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI SAMATA.

[img] Text
832-Jurnal+Bahrianti+271-281.pdf

Download (314kB)

Abstract

Bahrianti, 2024, Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Articulate Storyline terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri Samata. Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Skropsi ini “dibimbing oleh (Bapak Andi Makkasau dan Bapak Latri) Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui gambaran media interaktif articulate storyline terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA dikelas IV SD Negeri Samata, untuk mengetahui gambaran minat belajar siswa bahwa terdapat pengaruh media interaktif articulate storyline terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri Samata, serta untuk mengetahui pengaruh media interaktif articulate storyline terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA dikelas IV SD Negeri Samata. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Samata yang berjumlah 56 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan desain Post-test Only Control Desain. Data minat belajar diperoleh dengan memberikan posttest berupa angket. Teknik analisis data hasil penelitian menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Gambaran penggunaan media interaktif articulate storyline dalam proses pembelajaran berjalan sangat baik, (2) Minat belajar siswa pada kelas eksperimen yang diberikan perlakuan penggunaan media interaktif articulate storyline lebih meningkat dibandingkan minat belajar siswa pada kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan, (3) Penggunaan media interaktif articulate storyline berpengaruh terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA dikelas IV SD Negeri Samata. Kata Kunci: media interaktif, articulate storyline, minat belajar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Sep 2024 02:13
Last Modified: 17 Sep 2024 02:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36110

Actions (login required)

View Item View Item