PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPSKELAS V UPT SPF SDN PANAIKANG 3 KECAMATAN PANAKKUKANG KOTA MAKASSAR

Yuyun Kurniawati (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPSKELAS V UPT SPF SDN PANAIKANG 3 KECAMATAN PANAKKUKANG KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal Yuyun Kurniawati.pdf

Download (291kB)

Abstract

Yuyun Kurniawati, 2024. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V UPT SPF SDN PANAIKANG 3 Kecamatan Panakkukang Kota Makassar.Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Amir Pada dan Suarlin). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model penbelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V UPT SPF SDN PANAIKANG 3 Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Fokus peelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA UPT SPF SDN Panaikang 3 Kecamatan Panakkukang Kota Makassar sebanyak 32 siswa yang terdiri dari 19 laki-laki dan 13 perempuan. Dalam penelitian ini, peneliti bertindak sebagai observer dan guru sebagai pengajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS siklus I pada kategori kurang (K) sedangkan siklus II pencapaian peningkatan hasil belajar siswa berada pada kategori baik (B). kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V UPT SPF SDN Panaikang 3 Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Kata Kunci : two stay two stray, hasil belaja

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Sep 2024 02:02
Last Modified: 17 Sep 2024 02:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36107

Actions (login required)

View Item View Item