Qisthi Muadila (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAIRED STORYTELLING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SD NEGERI 203 BONTOMACINNA KABUPATEN BULUKUMBA.
Full text not available from this repository.Abstract
Qisthi Muadilah, 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Paired Storytelling terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SD Negeri 203 Bontomacinna Kabupaten Bulukumba. Skripsi. Dibimbing oleh Prof. Dr. Hj. Rohana, M.Pd dan Dra. Hj. Nurhaedah, M.Si. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui gambaran model pembelajaran paired storytelling, (2) untuk mengetahui hasil keterampilan berbicara siswa dengan menerapkan model pembelajaran paired storytelling, (3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran paired storytelling terhadap keterampilan berbicara. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dan jenis penelitian ekperimen semu dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran paired storytelling sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan berbicara. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Data dikumpulkan dari pembagian pretest, treatment, dan posttest kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan uji analisis statistik inferensial menggunakan uji statistik parametrik yaitu uji paired sample t-test dengan menggunakan sistem statistical pachage for sosial science (SPSS) versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pelaksanaan proses pembelajaran dengan model pembelajaran paired storytelling terhadap keterampilan berbicara siswa berada pada kategori sangat efektif, keterampilan berbicara siswa sebelum dan setelah diterapkan model paired storytelling mengalami peningkatan, setelah dilakukan uji hipotesis dan analisis maka diperoleh hasil, terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran paired storytelling terhadap keterampilan berbicara siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran paired storytelling berpengaruh terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri 203 Bontomacinna Kabupaten Bulukumba. Kata kunci: model pembelajaran, paired storytelling, keterampilan berbicara
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 17 Sep 2024 01:57 |
Last Modified: | 17 Sep 2024 01:57 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36106 |
Actions (login required)
View Item |