PENERAPAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILANMEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH PERUMNAS KOTA MAKASSAR

Riska Putri Rusnadi (2024) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILANMEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH PERUMNAS KOTA MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL LEMPU-RISKA PUTRI RUSNADI_021812.pdf

Download (371kB)
[img] Text
JURNAL LEMPU-RISKA PUTRI RUSNADI_021812.pdf

Download (371kB)

Abstract

Riska Putri Rusnadi, 2024, Penerapan Model Cooperative Integrated Reading and Composition dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Perumnas Kota Makassar. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Hamzah Pagarra S.Kom, dan Afdhal Fatawuri Syamsuddin S.Pd., M.Ed.) Penelitian ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD Muhammadiyah Perumnas Kota Makassar dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif antara guru dan peneliti dengan menggunakan model Kemmis dan MC Taggart. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2023/2024 pada bulan Februari- April 2024. Subjek penelitian siswa kelas V SD Muhammadiyah Perumnas Kota Makassar yang terdiri dari 22 orang siswa dengan objek penelitian yaitu keterampilan membaca pemahaman. Pengumpulan data menggunakkan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif untuk mengukur hasil tes dan deskriptif kualitatif untuk hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran menggunakan model CIRC dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD Muhammadiyah Perumnas Kota Makassar. Kata kunci : Model CIRC; membaca pemahaman; SD Muhammadiyah Perumnas Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Sep 2024 01:51
Last Modified: 17 Sep 2024 01:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36105

Actions (login required)

View Item View Item