PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 011 TUMPILING KECAMATAN WONOMULYO KABUPATEN POLEWALI MANDAR

Nurul Aulia Ahmad (2024) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 011 TUMPILING KECAMATAN WONOMULYO KABUPATEN POLEWALI MANDAR.

[img] Text
ARTIKEL NURUL AULIA AHMAD 200407501066.pdf

Download (1MB)

Abstract

Nurul Aulia Ahmad. 2024. Penerapan Media Pembelajaran Pop Up Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 011 Tumpiling Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing oleh Hamzah Pagarra dan Afdhal Fatawuri Syamsuddin) Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 011 Tumpiling. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan media pembelajaran Pop Up Book untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN 011 Tumpiling Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar? Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menerapkan media pembelajaran Pop Up Book di kelas V SDN 011 Tumpiling Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas yang terdiri dua siklus dengan alur kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun fokus penelitian terdiri dari penerapan media pembelajaran Pop Up Book dan hasil belajar IPA. Setting penelitian bertempat di SDN 011 Tumpiling Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar dengan subjek penelitian satu orang guru dan siswa kelas V SDN 011 Tumpiling yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi, sedangkan analisis data dengan analisis kualitatif deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran Pop Up Book berdampak positif terhadap aktivitas guru dan siswa serta peningkatan hasil belajar siswa. Peningkatan itu dapat dilihat dari meningkatnya hasil belajar yang diperoleh siswa pada siklus I dan siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa media pembelajaran Pop Up Book efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 011 Tumpiling Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar. Kata kunci : Pop Up Book, Hasil Belajar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Sep 2024 01:43
Last Modified: 17 Sep 2024 01:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36104

Actions (login required)

View Item View Item