PENGARUH PENERAPAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA SISWA KELAS V SD INPRES BALANG-BALANG KABUPATEN GOWA

Rukmini B (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA SISWA KELAS V SD INPRES BALANG-BALANG KABUPATEN GOWA.

[img] Text
5-1.c.3-Experiental.pdf

Download (349kB)

Abstract

Rukmini B, 2024, pengaruh Model Experiential Learning Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas V SD Inpres BalangBalang Kabupaten Gowa. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Imu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Nur Abidah Idrus dan Rosdiah Salam).” Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui gambaran penerapan model Experiential Learning terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas V A SD Inpres Balang-Balang Kabupaten Gowa, (2) Untuk mengetahui hasil keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas V A SD Inpres BalangBalang, (3) Untuk mengetahui pengaruh model Experiential Learning terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas V A SD Inpres BalangBalang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2023. Jenis penelitian yang digunakan pada peneltian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas V SD Inpres Balang-Balang Kabupaten Gowa yang berjumlah 53 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling jenuh dengan teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Sampel penelitian kelas A (Kelas Eksperimen) sejumlah 27 siswa dan kelas B (Kelas Kontrol) sebanyak 25 siswa. Berdasarkan hasil kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Gambaran Penerapan model experiential learning dalam proses pembelajaran berjalan sangat baik, (2) keterampilan menulis karangan deskripsi siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan model experiential learning, (3) Penerapan model experiential learning berpengaruh terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas V A SD Inpres Balang-Balang Kabupaten Gowa. Kata Kunci : model Experiential Learning dan keterampilan menulis karangan deskripsi

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Sep 2024 01:38
Last Modified: 17 Sep 2024 01:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36103

Actions (login required)

View Item View Item