PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV UPT SPF SD NEGERI PANAIKANG II KOTA MAKASSAR

NURMALITA SARI NASIRUDDIN (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV UPT SPF SD NEGERI PANAIKANG II KOTA MAKASSAR.

[img] Text
artikel_jurnal_nurmalita sari.pdf

Download (497kB)

Abstract

NURMALITA SARI NASIRUDDIN,2024.Pengaruh Model Pembelajaran Crossword Puzzle Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV UPT SPF SD Negeri Panaikang II Kota Makassar, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan,Universitas Negeri Makassar (Di bImbing Oleh Amir Pada dan Muhammad Irfan) Penelitian ini di laksanakan dengan tujuan : (1) untuk mengetahui gambaran penerapan model pembelajaran Crosswrod Puzzle dalam pembelajaran IPAS Kelas IV UPT SPF SD Negeri Panikang II Kota Makassar, (2) Untuk mengetahui minat belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV UPT SPF SD Negeri Panaikang II Kota Makassar, (3) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model Crossword Puzzle terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPAS Kelas IV UPT SPF SD Negeri Panaikang II Kota Makassar.Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Crossword Puzzle dan variabel terikatnya adalah minat belajar siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Ekperimen Desain dengan bentuk Nonequalent Conrol Froup Desain. Adapun populasi dalam penelitian ini adlaah siswa kelas IV UPT SPF SD Negeri Panaikang II Kota Makassar. Sampel yang terpilih dalam penelitian ini berdasarkan Purpositive sampling yaitu siswa kelas IVA UPT SPF SD Negeri Panaikang II Kota Makassar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, Lembar observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistic deskriptif, analisis deskriptif interfal, dan uji hipotesis menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) proses pembelajara Crosswrod Puzzle berlangsung secara baik, 2) Minat belajar siswa pada kelas ekperimen kriteria tinggi setelah diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Crosswrod Puzzle di banding dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran Crosswrod Puzzle dalam proses pembelajran 3) Terdapat pengaruh model pembelajaran Crosswrod Puzzle terhadap minat belajar siswa kelas IV UPT SPF SD Negeri Panaikang II Kota Makassar. Kata Kunci : Model Pembelajaran Crossword Puzzle , Minat Belajar Siswa

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Sep 2024 01:35
Last Modified: 17 Sep 2024 01:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36102

Actions (login required)

View Item View Item