PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERKOLABORASI DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS IV DI SDN 175 CENDANA KABUPATEN ENREKANG

Desy Artafyani Usman (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERKOLABORASI DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS IV DI SDN 175 CENDANA KABUPATEN ENREKANG.

Full text not available from this repository.

Abstract

Desy Artafyani Usman, 2023. Penerapan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together untuk mengembangkan keterampilan berkolaborasi dalam pembelajaran ips pada siswa kelas IV di SDN 175 Cendana kabupaten Enrekang. Skripsi. Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan.Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Abdul Rahman dan Nurhaedah) Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan model pembelajaran numbered heads together untuk mengembangkan keterampilan berkolaborasi siswa dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV di SDN 175 Cendana. Penelitian ini menggunakan dua siklus yang masing-masing terdiri dari tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas IV dan siswa kelas IV yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, angket keterampilan berkolaborasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara statistik deskriptif. Hasil penelitian penerapan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together dalam mengembangkan keterampilan berkolaborasi dalam pembelajaran IPS menunjukan bahwa melalui kegiatan berkolaborasi siswa dapat menyelesaikan masalah dalam kegiatan diskusi kelompok kepada siswa. Hasil angket keterampilan berkolaborasi juga memiliki peningkatan sehingga mencapai kategori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran numbered heads together dapat mengembangkan keterampilan berkolaborasi dalam pembelajaran IPS pada siswa SD. Guru dapat menerapkan model pembelajaran numbered heads together dalam proses pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan berkolaborasi siswa. Kata Kunci : Numbered Heads Together, Berkolaborasi, IPS

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Sep 2024 01:30
Last Modified: 17 Sep 2024 01:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36101

Actions (login required)

View Item View Item