Andi Riany Putri Pratiwi (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V UPT SPF SDI BTN IKIP 1 KOTA MAKASSAR.
Text
JURNAL Andi Riany Putri Pratiwi.pdf Download (581kB) |
Abstract
Andi Riany Putri Pratiwi, 2024. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V UPT SPF SDI BTN IKIP 1 Kota Makassar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Andi Dewi Riang Tati dan Nurhaedah) Penelitian ini dilakukan atas dasar permasalahan yang ditemukan di UPT SPF SDI BTN IKIP 1 Kota Makassar yaitu rendahnya keterampilan menyimak cerita. Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui gambaran penggunaan media audio visual terhadap proses pembelajaran kelas V UPT SPF SDI BTN IKIP 1 Kota Makassar, 2) Untuk mengetahui gambaran keterampilan menyimak cerita pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V UPT SPF SDI BTN IKIP 1 Kota Makassar, 3) Untuk mengetahui pengaruh media audio visual terhadap keterampilan menyimak cerita pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V UPT SPF SDI BTN IKIP 1 Kota Makassar V UPT SPF SDI BTN IKIP 1 Kota Makassar. Jenis penelitian ini yaitu Quasi Eksperimental Design dengan menggunakan desain Nonequivalent Control Group. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V UPT SPF SDI BTN IKIP 1 Kota Makassar berjumlah 57 orang dengan sampel kelas VA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 28 orang dan kelas V B sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 29 orang. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu penggunaan media audio visual dan variabel terikat yaitu keterampilan menyimak pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Prosedur penelitian yang digunakan dengan dua tahap, yaitu tahap persiapan dan tahap pelaksanaan. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan melakukan observasi dan tes dengan teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif dan inferensial yang terbagi atas uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media audio visual berjalan dengan baik. (2) keterampilan menyimak cerita pada pembelajaran setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan media audio visual menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dilihat pada nilai rata-rata tes dan lembar observasi. Hal ini dibuktikan dengan hasil pre-test dan post-test keterampilan menyimak cerita dari kategori kurang menjadi kategori baik. (3) terdapat pengaruh penggunaan media audio visual terhadap keterampilan menyimak cerita pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas V UPT SPF SDI BTN IKIP 1 Kota Makassar. Kata Kunci : media pembelajaran, audio visual, keterampilan menyimak
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 17 Sep 2024 01:17 |
Last Modified: | 17 Sep 2024 01:17 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36100 |
Actions (login required)
View Item |