SURVEI UPAYA PENCEGAHAN DAN PENANGANAN PERILAKU BULLYING PADA SISWA DI UPT SPF SD INPRES MANGGALA

Andi Qosamah Qurratul Ain (2024) SURVEI UPAYA PENCEGAHAN DAN PENANGANAN PERILAKU BULLYING PADA SISWA DI UPT SPF SD INPRES MANGGALA.

[img] Text
JURNAL SKRIPSI ANDI QOSAMAH.pdf

Download (386kB)

Abstract

Andi Qosamah Qurratul Ain, 2024. Survei Upaya Pencegahan Dan Penanganan Perilaku Bullying Pada Siswa Di UPT SPF Sd Inpres Manggala. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Abdul Rahman dan Khaerunnisa). Perilaku bullying salah satu masalah yang muncul di lingkungan sekolah sehingga perlu adanya upaya pencegahan dan penanganan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku bullying, mengetahui penyebab terjadinya perilaku bullying, dan mendeskripsikan upaya guru dalam pencegahan serta penanganan perilaku bullying pada siswa di UPT SPF SD Inpres Manggala. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan jenis survei. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV, V, VI UPT SPF SD Inpres Manggala, dengan jumlah sampelnya 139 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif (Persentase). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat empat bentuk perilaku bullying: verbal, non-verbal, cyberbullying dan bullying relasional. Bullying verbal menjadi bentuk yang paling dominan dengan persentase rata-rata sebesar 47,57. (2) Penyebab terjadinya perilaku bullying yang paling dominan adalah kurangnya pengawasan guru dengan persentase 37,41%. (3) Upaya pencegahan yang di ambil oleh guru yang paling dominan yaitu pengawasan aktif di lingkungan sekolah dengan persentase 79,67% sedangkan upaya penanganan yang dominan di ambil oleh guru yaitu upaya mediasi dengan persentase rata-rata 69,78%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pengawasan aktif oleh guru merupakan faktor kunci dalam mengurangi insiden bullying di sekolah. Kata kunci : Bullying , Pengawasan aktif, Peran guru

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Sep 2024 01:09
Last Modified: 17 Sep 2024 01:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36099

Actions (login required)

View Item View Item